Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Kepala UPT Pemasyarakatan Se Babel Dikumpulkan, Waspada Pasca Insiden Kebakaran Lapas Tanggerang

Langkah tersebut sebagai tindak  lanjut dari intruksi dari Dirjen Pemasyarakatan menyusul insiden kebakaran di Lapas Tanggerang, Rabu (8/9/2021) dini

Penulis: Antoni Ramli | Editor: khamelia
ist Kemenkumham Babel
Pertemuan Kadiv Pas Agus Irianto, dengan seluruh kepala UPT Pemasyarakatan Se Babel di Lapas Kelas II Narkotika Pangkalpinang, Selindung kota Pangkalpinang, Kamis (9/9/2021) kemarin 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala Divisi Permasyarakatan (Divpas) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bangka Belitung, Agus Irianto mengumpulkan seluruh kepala UPT Pemasyarakatan.

Pertemuan tersebut, berlangsung di Lapas Kelas II Narkotika Pangkalpinang, Selindung kota Pangkalpinang, Kamis (9/9/2021) kemarin.

Langkah tersebut sebagai tindak  lanjut dari intruksi dari Dirjen Pemasyarakatan menyusul insiden kebakaran di Lapas Tanggerang, Rabu (8/9/2021) dini hari lalu, yang menewaskan 41 orang.

Baca juga: Dugong, Hewan Mamalia yang Sering Disebut Duyung Dijual Rp5 Juta, Alobi dan BKSDA Masih Selidiki

Baca juga: Syarat Naik Pesawat Jawa-Bali Bisa Tes PCR atau Antigen Periode September 2021

"Yang paling utama diperintahkan Dirjen dan Menkum HAM, itu konsen kami pasti ke persoalan instalasi listrik, karena kebakaran di Tanggrang itu disinyalir karena konseleting listrik" ujar  Agus di ruang kerjanya, Jumat (10/9/2021)

Langkah awal yang di lakukan Agus yakni, meminta seluruh kepala UPT baik Rutan dan Lapas, mengontrol kondisi instalasi dengan menggandeng pihak PLN.

"Kemarin saya kumpulkan seluruh Kepala UPT Lapas se-Babel, saya minta mereka mengecek semua isntalasi listrik dengan menggandeng pihak PLN. Senin nanti saya minta laporan hasil pengecekan  instalasi listrik tersebut," bebernya.

Bahkan mantan Kepala Lapas Cirebon, tersebut telah mengambil langkah awal, dengan meminta semua kepala UPT Pemasyarakatan mengumpulkan seluruh narapidana untuk memberikan informasi soal adanya kebakaran tersebut.

"Begitu terima informasi itu, saya melalui group wa, meminta semua kepala UPT memberikan informasi
adanya musibah kebakaran di Tangerang, dan itu bisa menimpa di tempat kita, makanya untuk hati-hati. Mereka pasti terenyuh melihat kondisi kawannya sana, maka kondisi itu kesempatan yang baik harus di follow up," bebernya.

Agus berharap adanya Sarana Prasarana (Sapras) terkait antisipasi terjadinya kebakaran di Lapas. Salah satunya, kehadiran hydrant yang dilingkungan Lapas.

Ide  tersebut telah menjadi keinginan Agus sejak lama. Sebab menurut Agus, hydrant lebih penting ketimbang peralatan persenjataan

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved