Breaking News:

Perlu Diwaspadai, Ini 17 Penyebab Batuk Berkepanjangan

Batuk berkepanjangan secara umum dapat didefinisikan sebagai batuk yang berlangsung selama delapan minggu atau lebih.

Editor: Ajie Gusti Prabowo
Freepik
Ilustrasi batuk 

BANGKAPOS.COM - Batuk berkepanjangan atau batuk kronis adalah gejala umum dengan banyak kemungkinan penyebab.

Batuk berkepanjangan secara umum dapat didefinisikan sebagai batuk yang berlangsung selama delapan minggu atau lebih. Jenis batuk yang terjadi bisa batuk kering maupun batuk berdahak (batuk produktif).

Batuk berkepanjangan yang pasti seringkali dapat membuat penderitanya menderita. Efek mengganggu dari batuk berkepanjangan, seperti kurang tidur, nyeri otot dada, dan urine bocor bagaimanapun bisa memengaruhi kualitas hidup dan mengganggu aktivitas sehari-hari penderitanya.

Jika menderita batuk berlarut-larut atau persisten, Anda sangat wajar jika kemudian bertanya-tanya apakah hal itu bisa menjadi sesuatu yang lebih buruk daripada pilek atau alergi.

Berikut ini adalah banyak kemungkinan penyebab batuk berkepanjangan yang bisa terjadi:

1. Postnasal drip
Dilansir dari Very Well Health, postnasal drip dari hay fever (rhinitis alergi), infeksi sinus, polip hidung adalah penyebab paling umum dari batuk kronis.

Hay fever adalah peradangan yang terjadi pada rongga hidung akibat reaksi alergi. Dengan rhinitis alergi musiman, Anda mungkin bisa mencatat pola batuk. Tetapi, penyebab alergi sepanjang tahun mungkin tidak akan menunjukkan pola.

2. Asma
Meskipun penderita asma sering memiliki gejala lain, seperti mengi dan sesak napas, pada beberapa penderita asma, batuk adalah satu-satunya gejala (batuk-varian asma).

3. Refluks asam lambung
Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah penyebab paling umum ketiga dari batuk kronis dan sering diabaikan.

Bagi sebagian orang, gejala khas refluks asam lambung seperti heartburn mungkin tidak terjadi, dan satu-satunya gejala mungkin adalah batuk berkepanjangan.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved