Breaking News:

Berita Sungailiat

Dosen Agroteknologi UBB Berbagi Ilmu ke Petani, Tanam Porang dan Ubah Limbah Jadi Kompos

 Dosen Agroteknologi Universitas Bangka Belitung (UBB) berbagi ilmu dengan petani di Desa Balinijuk, Kabupaten Bangka

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: nurhayati
Dok/UBB
Dosen Agroteknologi Universitas Bangka Belitung (UBB) berbagi ilmu dengan petani di Desa Balinijuk, Kabupaten Bangka 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dosen Agroteknologi Universitas Bangka Belitung (UBB) berbagi ilmu dengan petani di Desa Balinijuk, Kabupaten Bangka.

Ilmu yang dibagikan, pertama memungkinkannya bertani, beternak, serta budidaya perikanan secara bersamaan dalam satu wilayah atau lahan, dengan implikasi yang sangat menguntungkan. 

Kedua, diberikan pengetahuan tentang penanaman komoditas yang sedang viral, yakni Porang.

Ketiga, diajarkan secara langsung dan mendetail bagaimana mengelola limbah menjadi kompos dengan metode yang cenderung sederhana.

“Di Mendo Barat kami sudah mengembangkan peternakan, pertanian dan perikanan di satu lokasi. Di sana kami membudidaya ikan lele, beternak itik di lahan tanaman padi.

Baca juga: Bantuan Rp900 Ribu - 3 Juta ke nasabah BRI, BNI, Mandiri dan BTN Cair Bagi yang Ikut Program ini

Baca juga: Aturan Baru Naik Pesawat untuk Lion Air September 2021, Termasuk Mobil dan Kereta

Dalam prosesnya, limbah yang dihasilkan itik di lokasi itu langsung kami jadikan penyubur padi. Sementara kolam lele, serta merta telah menjadi habitat dan tempat bermain itik.

Lelenya sendiri bisa dijadikan pakan, dan airnya yang banyak mengadung unsur hara, bisa disiramkan kepada tanaman untuk menyuburkannya,” jelas Dosen Agroteknologi UBB, Ratna Sari,  dalam rilisnya, Sabtu (11/9/2021).

Dari siklus tersebut, menurut Dosen Agroteknologi ini, usaha yang telah mereka bangun secara terpadu tidak akan menghasilkan yang namanya limbah yang terbuang.

Sementara itu Dosen Senior Jurusan Agroteknologi UBB, Ismed Inonu, secara terang dan detail memberikan informasi tentang penanaman Porang dan bagaimana menjanjikannya tanaman umbian ini sebagai komoditas pertanian baru.

Menurut  Ismed Inonu, porang adalah tanaman umbi-umbian yang menghasilkan tepung glukoma 6 yang paling tinggi dibandingkan umbi-umbian yang lain.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved