Breaking News:

Syarat Naik Pesawat ke Bangka Belitung, Berlaku Mulai 7 September 2021

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperketat syarat perjalanan menggunakan transportasi udara bagi pengunjung dari luar daerah.

Editor: Evan Saputra
Dokumentasi Lion Air via Kompas.com
Dua pramugari Lion Air melakukan standar protokol kesehatan kepada seorang penumpang sebelum menaiki pesawat. 

Syarat Naik Pesawat ke Bangka Belitung, Berlaku Mulai 7 September 2021

BANGKAPOS.COM - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperketat syarat perjalanan menggunakan transportasi udara bagi pengunjung dari luar daerah.

Surat Edaran Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor 550/0617/DISHUB mengharuskan setiap pengunjung telah di vaksin Covid-19 dan melampirkan surat hasil pemeriksaan kesehatan.

Rinciannya, pengunjung harus memerlihatkan kartu vaksin tahap dua serta hasil rapid tes antigen yang berlaku 1 x 24 jam atau kartu vaksin tahap 1 dengan hasil polymerase chain reaction (PCR) kurun 2 x 24 jam.

Semua persyaratan itu diverifikasi secara online menggunakan aplikasi Pedulilindungi.

Baca juga: Nasabah BRI, BNI, Mandiri, BTN dan BSI Disuruh Cek Saldo ATM, Dapat Rp900 Ribu-3 juta Jika Ikut Ini

Baca juga: Aturan Baru Naik Pesawat untuk Lion Air September 2021, Termasuk Mobil dan Kereta

Sementara khusus anak di bawah 12 tahun diharuskan membawa surat keterangan kesehatan dari intansi terkait.

Semua aturan itu diterapkan PT Angkasa Pura selaku operator bandara dan dikawal tim Satgas Covid-19 yang siaga di bandara.

Sekretaris Satgas Covid-19 Bangka Belitung, Mikron Antariksa mengatakan, aturan perjalanan udara itu berlaku sejak 7 September 2021 hingga diterbitkannya aturan terbaru.

"Harus sudah di vaksin, tidak bisa tidak," ujar Mikron saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (9/9/2021).

Edaran gubernur kata Mikron bagian dari upaya penanggulangan pandemi dan mencegah masuknya varian baru Covid-19 di Kepulauan Bangka Belitung.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Bangka Belitung Andi Budi Prayitno mengatakan, dokumen kesehatan berupa hasil pemeriksaan Rapid Diagnostic Test (RDT) Antigen dan Polymerase Chain Reaction (PCR) yang berlaku adalah dokumen yang diterbitkan oleh fasilitas kesehatan milik pemerintah, pemerintah daerah, dan swasta/masyarakat yang menggunakan aplikasi New All Record (NAR) yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Satu Data Covid-19 PeduliLindungi.

Seluruh fasilitas pemeriksaan RDT Antigen dan PCR harus memastikan calon pelaku perjalanan sudah meng-install aplikasi PeduliLindungi sebelum proses pengambilan sampel pemeriksaan Covid-19 dilakukan.

"Sebelum fasilitas pemeriksaan RDT Antigen dan PCR menyerahkan hasil pemeriksaan kepada calon pelaku perjalanan, maka harus dipastikan bahwa NAR sudah terisi di aplikasi PeduliLindungi," ujar Andi.

Baca juga: Akun Kartu Prakerja Bagikan Tips Sukses Mengunggah Foto KTP saat Mendaftar Kartu Prakerja

Baca juga: Suami Tak Bisa Bohong Lagi, Begini Cara Sadap WhatsApp Hanya dengan Nomor WA, Tak Ketahuan

Pada 8 September 2021 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang sedang dirawat di Kepulauan Bangka Belitung tercatat sebanyak 3.460 orang atau di hari yang sama terjadi penambahan pasien 236 orang.

Hanya satu daerah yang ditetapkan pemerintah kategori Level 4 yakni Kabupaten Bangka.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved