Breaking News:

Antrean Warga Rapid Test Antigen dan Swab PCR Membludak di Labkesda Bangka Belitung

Pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Pemerintah Provinsi Bangka Belitung

Penulis: Riki Pratama | Editor: nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Pemerintah Provinsi Bangka Belitung dimulai pada, 14-20 September 2021.

Di tengah Pandemi Covid-19, sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh peserta tes sebelum mengikuti tes SKD CPNS 2021 seperti hasil negatif rapid test antigen 1x24 jam dan Swab PCR 2×24 jam.

Menjelang satu hari pelaksanaan tes SKD di Lingkungan Pemprov Babel, sejumlah peserta telah melakukan tes dibeberapa fasililitas kesehatan dan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Dinas Kesehatan Pemprov Babel, pada Senin (13/9/2021).

Antrean panjang dan kerumunan terlihat di halaman Labkesda Babel, selain peserta tes SKD CPNS, para pelaku perjalanan juga terlihat mengantri untuk melakukan rapid test antigen dan swab PCR.

Kepala Labkesda, Provinsi Bangka Belitung, Sujari, mengatakan, Labkesda menyediakan layanan untuk warga yang kurang mampu menunjukkan surat keterangan dari pemerintah setempat, apabila ingin melakukan tes rapid tes antigen.

"Dari pagi hingga siang ini, sudah delapan orang peserta CPNS yang melakukan rapid test antigen dengan membayar. Belum ada yang menggunakan surat keterangan tidak mampu," jelas Sujari kepada Bangkapos.com, Senin (13/9/2021) ditempat kerjanya.

Dari hasil tes yang mereka lakukan, belum terdapat hasil positif Covid-19 dari hasil rapid test antigen.

"Sejauh ini tidak ada yang hasilnya positif semua negatif," jelasnya.

Sujari, mengatakan Labkesda Bangka Belitung telah menurunkan tarif pemeriksaan rapid tes antigen yang semula Rp 160.000 turun menjadi Rp 100.000.

Ia mengatakan, penurunan tarif rapid test antigen berdasarkan surat edaran dari Kementrian Kesehatan nomor HK.02.02/I/3065/2021 terkait batas tarif tertinggi pemeriksaan Rapid Diagnostic test antigen (RDT-Ag).

"Jam operasional kita dari pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Sementara untuk harga pemeriksaan Polimerase Chain Reaction (PCR) di Labkesda tarifnya hanya Rp 500.000 diberlakukan pada 18 Agustus lalu," kata Sujari. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved