Breaking News:

Berita Pangkalpinang

DMI Pangkalpinang Serukan Dukungan Rencana Pembangunan Masjid Agung Kubah Timah

Masyarakat Kota Pangkalpinang, terus memberikan dukungan terhadap upaya pembangunan Masjid Agung dengan Kubah berlapis Timah oleh Pemkot Pangkalpinang

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: El Tjandring
(Ist/Johan)
Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Pangkalpinang, Johan (Kiri) dan Dewan Pakar DMI Kota Pangkalpinang, Iskandar (Kanan). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Masyarakat Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung terus memberikan dukungan terhadap upaya rencana pembangunan Masjid Agung dengan Kubah berlapis Timah oleh Pemerintah Kota Pangkalpinang.

Dukungan tersebut mengalir dari Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Pangkalpinang, Johan. Menurutnya, langkah tersebut dinilai relevan lantaran belum adanya Masjid Agung di ibukota Provinsi Bangka Belitung ini.

Selain itu, rencana pembangunan masjid ini yang terletak di seputaran Alun-alun Taman Merdeka (ATM) juga dinilai strategis lantaran mengingat di lokasi tersebut selama ini tidak ada masjid.

Sehingga diharapkan dengan adanya masjid tersebut nantinya dapat mempermudah wisatawan yang berkunjung ke Pangkalpinang untuk beribadah saat adzan berkumandang.

"Saya mendukung hak ini, apalagi di ATM juga tidak ada masjid, sehingga sulit bagi wisatawan untuk melaksanakan ibadah saat adzan berkumandang. Tempat strategis yang berada di tempat bisnis tentunya harus ada masjid," kata dia kepada Bangkapos.com, Senin (13/9/2021).

Dikatakan Johan, apabila pembangunan masjid agung kubah berlapis timah ini nantinya terwujud tentunya dapat memberikan dampak yang positif seperti menjadi pusat kegiatan keagamaan atau Islamic Centre di Kota Pangkalpinang terlebih lagi jika diurus secara profesional.

"Mari kita hilangkan rasa yang tidak baik, ini masjid, kita bangun peradaban, kita ajak saudara-saudara kita yang sedang menimba ilmu di pesantren saat mereka liburan berada di sini. Kita kuatkan peradaban, masjid ini penuh dengan kegiatan dan buka selama 24 jam," terang Johan.

Sementara itu, dukungan lainnya juga datang dari Dewan Pakar DMI Kota Pangkalpinang, Iskandar. Dia menganggap jika masjid tersebut nantinya dapat terealisasi tentunya akan menjadi sebagai bentuk kerukunan antar beragama di Pangkalpinang.

"Ini sangat baik sekali, di sampingnya ada gereja kemudian parkirnya bersama dan berada di pusat bisnis. Jika dikelola secara profesional ini tentunya akan baik sekali," ujar Iskandar.

Iskandar yang juga Direktur Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddiq Bangka Belitung, mencontohkan hal serupa saat ia berkunjung ke Masjid Agung Islamic Centre Kabupaten Rohul, Provinsi Riau yang menurut dirinya memang sungguh luar biasa. Bahkan segala macam aktivitas keagamaan dilakukan terpusat di sana.

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved