Breaking News:

Opini

Etika Pelayanan Publik

Etika yang terkandung dalam implementasi pelayanan publik merujuk pada suatu tindakan dan keputusan yang bertanggungjawab dalam menjalankan tugasnya.

Editor: Agus Nuryadhyn
Etika Pelayanan Publik
ISTIMEWA
Agung Nugraha - Asisten Pratama Ombudsman RI Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung

Oleh: Agung Nugraha
Asisten Ombudmsan RI Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung

BANGKAPOS.COM - Keberhasilan pembangunan suatu negara salah satunya dipengaruhi oleh kualitas pelayanan publik. Kebutuhan dasar masyarakat mulai dari barang, jasa, dan administrasi yang mana negara memiliki tanggung jawab untuk menyediakannya sebagaimana diatur pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Pada hakikatnya manusia berhak untuk menentukan cara berpikir dan bertindak akan memenuhi kebutuhannya, akan tetapi jangan sampai adanya kebutuhan tersebut dimanfaatkan oleh pelaksana pelayanan publik (civil servant) dengan merampas dan menghambat hak-hak masyarakat.

Untuk mengatasi persoalan tersebut maka pelaksana pelayanan publik mesti memiliki etika.

Dari berbagai pendapat para ahli bahwa pada dasarnya etika berkaitan erat dengan tindakan baik dan benar yang mencerminkan moral/akhlak yang terkandung didalamnya.

Salah satu contoh etika pada pelayanan publik adalah menghargai hak-hak orang lain dalam menjalankan kewajibannya.

Etika yang terkandung dalam implementasi pelayanan publik merujuk pada suatu tindakan dan keputusan yang bertanggungjawab dalam menjalankan tugasnya.

Baca juga: KKP dan BIN Vaksinasi Masyarakat Pelabuhan Sadai

Menurut Rohman et.al (2010:24) mengatakan etika pelayanan publik adalah suatu cara dalam melayani masyarakat dengan kebiasaan yang terkandung nilai-nilai hidup dan hukum yang mengatur tingkah laku manusia.

Nilai hidup dan hukum sebagai wujud pembentukan kesadaran dan komitmen yang tinggi pada diri pelaksana pelayanan publik.

Masyarakat sebagai pengguna layanan memiliki harapan atas solusi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari.

Halaman
123
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved