Breaking News:

opini

Tren Viral Berbau Altruisme

ikoy-ikoyan ini menjadi ajang untuk berbagi, karena beberapa orang kemudian tertarik untuk menjadi donatur untuk agenda selanjutnya.

Editor: Agus Nuryadhyn
Pixabay.com
Ilustrasi revolusi industri 4.0. 

Dwi Ratna Laksitasari, S.Psi
Pekerja Sosial Ahli Pertama
Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi  Kepulauan Bangka Belitung

BANGKAPOS.COM - Istilah ikoy-ikoyan saat ini populer di kalangan milenial utamanya yang menjadi pengguna platform instagram.

Istilah tersebut dipopulerkan selebgram Arief Muhammad dengan cara menawarkan kepada pengikutnya (follower) yang membutuhkan sejumlah dana atau barang untuk keperluan tertentu agar dapat menyebutkan (mention) dirinya.

Kemudian, dia dan penyelenggara (beberapa dana bersumber dari donatur) akan menyeleksi peserta yang menurut mereka layak untuk mendapatkan hadiah tersebut.

Menurutnya, ikoy-ikoyan ini menjadi ajang untuk berbagi, karena beberapa orang kemudian tertarik untuk menjadi donatur untuk agenda selanjutnya.

Tidak hanya itu, di masa revolusi industri 4.0 ini, di mana media sosial dan internet telah menjadi sarana umum penyebaran informasi, muncul pula tren baru lainnya.

Beberapa aplikasi seperti instagram, tiktok, snackvideo dan sejenisnya menawarkan fitur video dengan kemudahan proses penyuntingan (editting) sehingga mengasah kreativitas penggunanya untuk memproduksi beragam jenis video secara mandiri.

Beberapa orang ada yang membuat video membantu orang lain, baik dengan cara memberi uang, atau membeli dagangan pada pedagang yang dinilai kurang beruntung di masa pandemi ini.

Baca juga: Etika Pelayanan Publik

Tidak jarang video-video tersebut kemudian viral dan memancing beragam komentar. Bahkan beberapa dari pembuat video kemudian mendapat penghargaan/reward.

Baik hanya sekedar pujian warganet, bahkan berupa uang atau pun hadiah dari orang lain lagi sebagai akibat dari perbuatan menolongnya.

Halaman
123
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved