Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Begini Cara Molen Atasi Banjir di Pangkalpinang

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) mengklaim, pihaknya telah mengantisipasi cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan banjir saat ini.

Penulis: Magang1 | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Wali Kota Pangkalpinang, Maulana Aklil alias Molen 

BANGKAPOS.COM, BANGKAWali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) mengklaim, pihaknya telah mengantisipasi cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan banjir saat ini.

Caranya, membeli dua unit mesin pompa air serta menganggarkan pembangunan kolam retensi yang diharapkan dapat menampung air sementara.

“Kita sudah membeli dua alat sedot, untuk menyedot di beberapa titik yang tidak bisa kita sedot, karena memang bawahnya seperti kuali. Selanjutnya kita juga menganggarkan untuk pembangunan kolam retensi,” kata dia kepada Bangkapos.com, Selasa (14/9/2021).

Selain membeli dua unit mesin pompa air kata Molen, sapaan akrab Maulan Aklil, pihaknya juga terus melakukan beberapa upaya untuk menanggulangi banjir seperti normalisasi sungai hingga pengerukan endapan lumpur di saluran box culvert.

Namun, diakui Wali Kota, hal tersebut belum dilakukan secara maksimal lantaran keterbatasan anggaran karena Pandemi Covid-19.

Memang penangan banjir menjadi prioritas pada tahun 2021 di Kota Pangkalpinang dengan anggaran sebesar Rp40 Miliar.

“Kita bangun gorong-gorong di seluruh Kota Pangkalpinang, mana yang buntu itu kita lakukan secara bertahap, tetapi mohon maaf anggaran kita terbatas,” jelas Molen.

Molen menegaskan, dirinya tidak mampu untuk menghilangkan banjir seutuhnya di Kota Pangkalpinang tidak mampu, akan tetapi guna mengantisipasi banjir secara perlahan akan terus dilakukan.

Seperti halnya melakukan normalisasi sungai Jembatan 12 dan daerah aliran sungai (DAS) di kawasan Pasar Induk Atrium, Pangkalpinang.

“Kita tidak bisa sekaligus pengerjaannya, kita kerjakan secara bertahap minimal mengurangi banjir. Kalau ini (Kolam retensi -red) kita butuh proses, karena kita harus anggarkan dulu untuk pembelian ganti rugi kemudian nanti akan kita gali untuk retensi,” katanya.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved