Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Erzaldi Letakkan Batu Pertama Pondok Pesantren Takhfizul Quran Al Mansyur di Balunijuk  

Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman meletakkan batu pertama pembagunan Pondok Pesantren Takhfizul Quran (PPTQ) Al Mansyur di D

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: Fery Laskari
istimewa
Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman meletakkan batu pertama pembagunan Pondok Pesantren Takhfizul Qur’an (PPTQ) Al Mansyur di Desa Balunijuk Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka, Selasa (14/9/2021). (foto Ist). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA --  Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman meletakkan batu pertama pembagunan Pondok Pesantren Takhfizul Quran (PPTQ) Al Mansyur di Desa Balunijuk Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka, Selasa (14/9/2021).

PPTQ ini berada dalam satu lingkungan dengan Lembaga Pendidikan KBIT, TKIT, TPA dan SDIT Al Mansyur.

Orang nomor satu di Bangka Belitung itu menyampaikan bahwa pemerintah  akan ikut membantu kegiatan pembangunan PPTQ Al Mansyur.

"Insyaallah tujuan kita dengan adanya Pondok Pesantren Tahfidz Al-Mansyur, menjadikan anak-anak solih dan solihah, berbakti kepada orang tua, bermanfaat untuk nusa dan bangsa, mencetak generasi  hafidz dan hafidzoh di peradaban Islam saat ini dan dimasa yang akan datang," ujarnya dalam rilis kepada Bangkapos.com.

PPTQ didirikan dibawah naungan Yayasan Al Mansyur Bangka Belitung yang diketuai oleh Ustad Ali Mutakin, S.Pd.I. 

PPTQ ini akan dibangun dalam jangka waktu dua tahun dan siap santri pada tahun 2023.  

Ustad Ali Mutakin mengatakan tujuan pembangunan PPTQ adalah untuk mengembangkan pendidikan di tingkat SMP sebagai kelanjutan dari Lembaga SDIT Al Mansyur.

"Disamping itu untuk mengembangkan pendidikan pesantren yang berbasis penghafal Al Qur’an dan juga menjawab tantangan masyarakat akan kebutuhan pendidikan pesantren sebagai alternatif pendidikan dalam pembentukan akhlak di tengah-tengah tantangan perkembangan zaman," lanjutnya.

Masyarakat Bangka Balitung secara umum terutama warga desa Balunijuk membutuhkan tempat pendidikan yang bukan hanya mengajarkan ilmu pengetahuan (sains) tetapi juga mengedepankan pendidikan akhlak berdasarkan Al Qur’an.

"Karena Rosullulloh, generasi sahabat dan para ulama meletakkan dasar pendidikan Akhlak sebelum mengajarkan ilmu pengetahuan," katanya.

Sementara, Kepala Desa Balunijuk, Suwandi akak mendukung pembangunan PPTQ Al Mansyur untuk kepentingan masyarakat yang ada di Bangka Belitung.

"Alhamdulillah dengan berdirinya PPTQ, anak-anak yang ada di balunijuk bisa mendaftarkan diri dan dapat belajar untuk menjadi santri yang baik," katanya.

Ditambahkan Syafrul Irawadi, selaku Sekretaris Yayasan Al-Mansyur dan sekaligus ketua pelaksana kegiatan PPTQ Al-Mansyur mengatakan bahwa pembangunan ini adalah suatu kelanjutan dari Lembaga yang ada yaitu SDIT Al Mansyur yang dapat mencetak penghafal Al-Quran.

"Diharapkan dengan adanya pesantren ini lebih menguatkan lagi hafalannya yang telah di dapatkan di Lembaga Pendidikan Islam Terpadu Al-Mansyur, disamping itu juga dengan peranan pondok pesantren ini sebagai agen sosial, agen pembangunan dan serta pusat keunggulan yang tidak hanya berfungsi sebagai lembaga tafaqquh fid din akan tetapi berfungsi sebagai lembaga kontrol sosial, sebagai perubahan nilai budaya dan norma sosial yang terjadi dimasyarakat kita, khususnya Desa Balunijuk," katanya.

Turut hadir dalam acara ini Tokoh Agama dan tokoh masyarakat setempat dalam kegiatan peletakan batu pertama pembagunan Pondok Pesantren Takhfizul Quran (PPTQ) Al Mansyur, Balunijuk, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka. (Bangkapos.com/Rilis/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved