Breaking News:

bangka pos hari ini

Gulung Celana, Riza Cek Saluran Air Tersumbat

Melihat saluran air yang tersumbat saat hujan turun di Kawasan Jalan Damai Kecamatan Toboali, Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid langsung melakukan

Penulis: Rusaidah (CC) | Editor: Agus Nuryadhyn
Bangka Pos/Jhoni Kurniawan
Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid mengecek langsung saluran air yang tersumbat, Senin (13/9). 

TOBOALI, BANGKA POS - Melihat saluran air yang tersumbat saat hujan turun di Kawasan Jalan Damai Kecamatan Toboali, Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid langsung melakukan pemeriksaan.

Dengan menggulung celana pakaian dinasnya hingga mencapai lutut, Riza melakukan pengecekan langsung di simpang empat yang tak jauh dari Lapangan Bola Merdeka Toboali.

Bahkan ia tak sungkan untuk turun langsung ke kubangan air yang telah meluap akibat saluran air yang tak berfungsi hingga menyebabkan aliran air meluap ke badan jalan.

Bahkan guyuran air hujan yang membasahi pakaian dinasnya tak dihiraukan oleh Riza Herdavid.

"Tadi saat hujan mengguyur, saya lihat air hujan mengalir di badan jalan dan meluap, saat saya lihat langsung ternyata saluran air atau drainasenya tidak berfungsi maksimal," ujar Riza pada Senin (13/9/2021).

Baca juga: Detik-detik Hakim Ditarik Buaya ke Tengah Laut, Warga Permis Diterkam Buaya Air Asin

Untuk itu ia ingin mengetahui apa penyebab tidak mengalirnya air di saluran air yang telah ada.

"Saat tadi mengecek langsung ternyata banyak sampah sehingga ada penyumbatan dan saat hujan pasti aliran air itu melewati badan jalan dan menyebabkan kubangan air," ujarnya.

Untuk mencegah hal ini terulang, Riza Herdavid dengan sigap mengambil telepon genggamnya untuk menghubungi Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan Kabupaten Bangka Selatan, Achmad Ansyori guna mencari solusi.

"Semoga secepatnya dapat diperbaiki sehingga saat hujan tidak lagi tersumbat dan menimbulkan kubangan air di jalan. Kan kasian pengguna jalan jika jalannya tidak enak ataupun banjir," tegasnya.

Ia juga berharap agar masyarakat dengan bijak untuk tidak membuang sampah di saluran air sehingga saluran air dapat berfungsi maksimal sebagai aliran air.

Baca juga: Bupati : Tak Ada Titipan Seleksi PPPK

Baca juga: Media Awards Kepemimpinan Mulkan-Syahbudin Tinggal Seminggu

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan Kabupaten Bangka Selatan, Achmad Ansyori saat diwawancarai menyebutkan pihaknya akan sesegera mungkin melakukan pembersihan sekaligus revitalisasi.

"Akan secepatnya kita lakukan untuk proses pembersihan sampah ataupun pemaksimalan fungsi saluran air ini," ujar Achmad Ansyori.

Menurutnya jika memang sampah yang menumpuk hingga menyebabkan aliran air mampet, maka sampah tersebut akan sesegera mungkin dibersihkan.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk saling menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan hingga menyebabkan aliran air tersumbat. (jhk)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved