Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Vaksinasi Pertama Capai 34,68 Persen, Edukasi Door to Door Terus Dilakukan

Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Barat (Babar), Putra Kusuma mengatakan pihaknya terus melakukan percepatan vaksinasi y

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: Fery Laskari
Bangkapos.com/Dok
Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bangka Barat, M Putra Kusuma 

BANGKAPOS.COM , BANGKA - Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Barat (Babar), Putra Kusuma mengatakan pihaknya terus melakukan percepatan vaksinasi yang kini sudah menyentuh 34,68 persen pencapaian untuk vaksinasi pertama.

Lebih lanjut guna terus meningkatkan persentase tersebut, segala upaya dilakukan termasuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya vaksinasi.

"Door to door sudah jalankan tapi ini edukasi ya, di beberapa wilayah sudah dilakukan. Artinya temen TNI POLRI juga membantu untuk edukatif masyarakat dan mengajak secara persuasif, secara door to door untuk masyarakat ikut vaksinasi," ujar Putra Kusuma, Selasa (14/9/2021).

Namun terkait door to door dalam percepatan vaksinasi, Putra mengatakan untuk door to door melakukan vaksin masih terkendala beberapa faktor.

"Untuk door to door tetap akan kita pertimbangkan, sebagai salah satu upaya akselerasi herd imunity di Bangka Barat. Jadi kerangka berpikir dan kerangka kerja masih di bahas, di satgas vaksinasi mengenai strategi," katanya.

"Mengajak door to door tapi vaksinasi tetap di satu tempat, karena kalau vaksin door to door dak memungkinkan. Hal ini karena kita bawa vaksin yang keamanan suhu harus terjaga, lalu penginputan lalu teknis vaksinasi juga menjadi pertimbangan," tambahnya.

Lebih lanjut untuk pencapaian vaksinasi di Kabupaten Bangka Barat saat ini, untuk tahap pertama sudah mencapai 54.144 orang atau 34,68 persen. Sedangkan untuk vaksinasi tahap kedua, mencapai 22.940 orang atau 14,80 persen.

Sementara itu Putra Kusuma mengatakan untuk mempercepat vaksinasi, telah melakukan penambahan gerai vaksinasi hingga ke pelosok desa.

Diketahui sebelumnya dalam sehari gerai vaksinasi hanya terdapat 10, namun saat ini menjadi dua kali lipat yakni sekitar 23 gerai yang tersebar di Kabupaten Bangka Barat.

"Kalau hari ini terdapat 23 gerai, kami semakin mendekatkan pelayanan vaksinasi itu ke desa-desa. Kalau dulukan kita stastis di Puskesmas, sekarang kita ke desa-desa, menjemput bola seperti di sekolah-sekolah sebagai upaya percepatan," ucapnya.

Tak hanya penambahan jumlah gerai vaksinasi, pihaknya juga melakukan penambahan tim vaksinasi dari yang semula hanya 20 tim menjadi 42 tim yang diambil dari internal di fasilitas kesehatan dan sejumlah relawan yang bergabung.

"Jadi ada sekitar 119 orang dalam Tim vaksinator yang baru, ini dilakukan guna menangani sekaligus mempercepat vaksinasi di Kabupaten Bangka Barat," katanya. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved