Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Keren, Mahasiswa UBB Berhasil Bikin Masker Wajah dari Daun Cempedak, Bikin Glowing dan Bebas Jerawat

Mahasiswa Jurusan Kimia Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung (UBB) temukan hasil riset baru atasi jerawat dan penuaan dini.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: nurhayati
Dok/UBB
Mahasiswa Jurusan Kimia UBB bersama dosen pembimbing riset 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Mahasiswa Jurusan Kimia Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung (UBB) temukan hasil riset baru atasi jerawat dan penuaan dini.

Pasalnya mahasiswa yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa ini telah melakukan riset dengan membuat masker wajah dari daun cempedak.

Adapun tim yang melalukan riset ini terdiri dari mahasiwa Kimia semester 3 dan 5 yaitu Faizah Alivia Putri, Widia dan Syarmila serta didampingi Dosen Pembimbing Robby Gus Mahardika.

Mahasiswa Jurusan Kimia UBB, Faizah Alivia Putri mengatakan ide penelitian ini muncul karena permasalahan wajah terutama jerawat,dan penuaan dini sangat sering dialami masyarakat terkhususnya pada remaja yang kulitnya sangat sensitif.

"Penelitian ini juga bertujuan untuk menggangkat potensi lokal terkhususnya Bangka Belitung sendiri yang masih banyak tumbuhan yang bisa digunakan sebagai obat- obatan dan lain- lain," ungkap Faizah dalam rilis kepada Bangkapos.com, Rabu (15/9/2021).

Baca juga: Perut Buaya 4 Meter Dibelah, Tak Disangka Benda Berusia 5000 Tahun Ini yang Ditemui

Baca juga: Ini Jenis dan Nama-nama Kru Pesawat Jatuh di Papua, HP Pilot Masih Aktif saat Dihubungi Basarnas

Dia menyatakan, bahwa masker yang dibuat tidak berbahaya atau bisa digunakan untuk mencegah penuaan dini, mereka melakukan riset selama 3 bulan ditengah musim pandemi Covid- 19.

Riset ini dilakukan di Laboratorium Kimia UBB dengan tetap menerapkan protokol pemerintah dan melakukan analisis lainnya di luar Bangka Belitung

"Tahap pertama yang kami lakukan pada penelitian ini mencari sampel dan membuatnya menjadi ekstrak kemudian melakukan uji antioksidan.

Hasil uji antioksidan menunjukkan bahwa penggunaan ekstrak daun cempedak ini memiliki kandungan senyawa antioksidan yang tinggi sehingga sangat berpotensi sebagai anti penuaan dini," jelasnya.

Baca juga: Nilai SKD Siska Nyaris Sempurna, 97 Peserta Lolos Passing Grade SKD CPNS Pemprov Bangka Belitung

Baca juga: Ternyata Pekerja TI di Tempilang Jadi Korban Pembunuhan, Istri Sempat Lapor Suaminya Tidak Pulang

Bahkan untuk memastikan efektif dalam mencegah jerawat, masker ini juga diuji antibakteri penyebab jerawat.

"Hasil menunjukkan bahwa ekstrak daun cempedak sangat membantu dalam mencegak perkembangan bakteri penyebab jerawat dengan kategori sangat kuat," katanya.

Dalam hal keamanan masker ini, mereka  telah melakukan berbagai uji seperti, uji organoleptik, uji pH masker, uji waktu mengering, uji daya sebar, uji homogenitas dan uji iritasi responden. 

"Uji- uji tersebut sangatlah penting untuk menentukan apakah masker yang kami buat bisa diaplikasikan diwajah atau tidak. Hasih pengujian-pengujian tersebut menunjukkan bahwa masker dari ekstrak daun cempedak terbukti aman dan telah memenuhi standar masker Peel off," katanya.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved