Breaking News:

Berita Bangka Barat

PNS Bolos 10 Hari Berturut-turut Siap-siap Diberhentikan

Peraturan Pemerintah (PP) nomor 94 tahun 2021 terkait disiplin PNS, kini telah terbitkan Presiden Joko Widodo guna mengatur sejumlah kewajiban

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: khamelia
tribunstyle
Ilustrasi PNS 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Peraturan Pemerintah (PP) nomor 94 tahun 2021 terkait disiplin PNS, kini telah terbitkan Presiden Joko Widodo guna mengatur sejumlah kewajiban dan larangan bagi para PNS.

Diketahui dalam PP nomor 94 tahun 2021 tersebut bahkan menegaskan aturan seperti pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS bagi PNS yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang sah secara terus menerus selama sepuluh hari kerja seperti yang tertuang dalam pasal 11 ayat 2.

Lalu dalam pasal tersebut juga tertuang peraturan terkait pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS bagi PNS yang tidak Masuk Kerja, tanpa alasan yang sah secara komulatif selama 28 hari
kerja atau lebih dalam satu tahun.

Baca juga: Warung Mie Rebus Toping Daging Manusia Terungkap, yang Memakannya Akan Alami Penyakit Ini

Menanggapi adanya peraturan tersebut, Inspektur Kabupaten Bangka Barat, Fachriansyah mengatakan pihaknya masih menuggu Peraturan Kepala (Perka) Badan Kepegawaian Negara (BKN) terkait teknis pelaksanaannya.

"Jadi selama ini Bangka Barat memang sudah mematuhi peraturan disiplin PNS, tekait yang baru kita berdasarkan koordinasi kami ke BKPSDMD tadi kita memang perlu Perka BKN," ujar Fachriansyah, Rabu (15/09/2021).

Selain itu Fachriansyah mengatakan pihak Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kabupaten Bangka Barat, akan terlebih dahulu melakukan sosialisasi terkait peraturan tersebut.

"Dengan peraturan yang berubah ini seiring dengan menunggu Perka BKN mungkin BKPSDMD yang melakukan sosialisasi, kepada seluruh PNS karena memang harus diberikan pemahaman ada aturan terkait disiplin yang berisi kewajiban dan larangan yang harus dipatuhi," tegasnya.

Sementara itu dengan adanya PP nomor 94 tahun 2021, para PNS khususnya di Kabupaten Bangka Barat dapat tetap disiplin guna memberikan kinerja yang baik.

"Sebenarnya sama saja kalau dari aturan semata-mata agar PNS, lebih disiplin dalam menjalankan tugas. Kalau sudah terbiasa dengan disiplin, ya tidak perlu berat untuk dijalani. Namanya pekerjaan harus dicintai memang ada aturan yang harus di taati, selama ini OPD sudah menerapkan ketentuan jam kerja atau yang seharusnya," ungkapnya. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy).

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved