Breaking News:

Prodi PBA Fakultas Tarbiyah IAIN SAS Babel Adakan Kajian Level Internasional Secara Virtual

Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung memfasilitasi dosen dan mahasiswanya

Editor: Fery Laskari
IAIN SAS Bangka Belitung
Kajian “Kitab Alifiyah Ibnu Malik”, secara daring Selasa (14/9) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung (Babel) memfasilitasi dosen dan mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan-kegiatan berbasis internasional. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas Prodi PBA baik pada kancah nasional maupun internasional, Selasa (14/9/2021).

Kegiatan ini berupa kajian “Kitab Alifiyah Ibnu Malik” yang dilakukan dua kali dalam sepekan yaitu malam Senin dan malam Rabu pada Pukul 19.00 WIB sampai selesai. Adapun tutornya adalah Syaikh Mohammed Jamal Al-Omary dari Suriah Spesialis bahasa Arab, kegiatan ini dilakukan secara daring melalui zoom yang berlangsung lancar dan antusias dari partisipan.

Peserta dalam kegiatan ini terdiri dari beberapa negara seperti Suriah, India, Daghistan, Rusia, Indonesia, Malaysia dan sebagainya. Kajian seperti ini Insya Allah akan kita jadikan sebagai kajian rutinitas pada Prodi PBA Fakultas Tarbiyah IAIN SAS Bangka Belitung. Prodi PBA Fakultas Tarbiyah IAIN SAS  Babel juga mengikut sertakan para dosen, mahasiswa Prodi PBA dan dosen prodi lainnya  lingkungan IAIN SAS Bangka Belitung untuk berpartisipasi dalam kajian tersebut. 

Kaprodi PBA Ela Isnani Munawwaroh, M.Pd sekaligus Alumni S2 UIN Sunan Kali Jaga Yogjakarta ini mengharapkan dengan adanya pengajian seperti ini, dapat mengasah atau melatih kemampuan istima’ serta pemahaman para dosen dan mahasiswa dalam memahami kaidah/tata bahasa Arab yang resmi. Kedepannya prodi PBA berharap ada pengajian yang serupa dalam bidang Al-Quran, Hadist, Fiqih dan sebagainya. Kami akan berkolaborasi dengan teman-teman atau para Syaikh dari luar negeri untuk menjadi pembimbing atau tutor dalam kegiatan serupa. Kedepannya, kami juga akan memberi ruang kepada dosen prodi PBA untuk menjadi tutor atau pembicara dalam kegiatan level internasional," kata Ela.

“Saya sangat senang dan antusias mengikuti kegitan pengajian seperti ini apa lagi backround saya memang Pendidikan Bahasa Arab, karena dengan adanya kegiatan seperti ini, dapat menambah wawasan baru bagi diri saya, banyak pelajaran yang saya dapati dari kegiatan ini, seperti bagaimana metode mengajar syaikh tersebut dalam menyampaikan materi kepada audiens, melatih kemampuan dasar menyimak bahasa asing serta menambah relasi/teman dari berbagai Negara. Kegiatan seperti ini harus dipertahankan,”ujar Dody Irawan, M.Pd. selaku Dosen Bahasa Arab pada Prodi Jurnalistik Islam (JI) IAIN SAS Bangka Belitung.

“Sekalipun background saya bukan dari Pendidikan Bahasa Arab dan kemampuan Bahasa Arab saya jauh lebih dari kurang, tapi saya sangat tertarik dan senang untuk mengikuti kajian ini, seakan-akan ada medan magnet yang menarik saya untuk mengikuti kajian yang luar biasa ini,” tambah  H Musa, M.Kom.I Dosen Prodi KPI IAIN SAS Bangka Belitung.

Wasilah, MA dosen Prodi PBA UIN Raden Fatah Palembang mengatakan hal senada. ”Kegiatan seperti ini sangat luar biasa dan perlu dipertahan serta menjadi contoh bagi prodi PBA kami dan prodi PBA lainnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan bahasa Arab nantinya. Kami sangat berterima kasih kepada Prodi PBA IAIN SAS Bangka Belitung yang selalu memberi informasi terkait pendidikan bahasa Arab serta berkolaborasi dengan prodi kami untuk meningkatkan mutu pendidikan bahasa Arab, apa lagi antara prodi PBA UIN Raden Fatah dan  Prodi PBA IAIN SAS Babel memiliki hubungan yang sangat baik,” katanya. (*)

Penulis: Iskandi, M.Pd.I

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved