Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Setiap Tempat Kerja di Babel Diminta Buatkan Satgas Prokes Covid-19, Begini Pesan Mikron

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Wiku Adisasmito meminta peranan swasta dalam mendukung percepatan perubahan status pandemi Covid-19

Penulis: Riki Pratama | Editor: Fery Laskari
(Bangkapos.com)
Sekertaris Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA --Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Wiku Adisasmito meminta peranan swasta dalam mendukung percepatan perubahan status Pandemi Covid-19 di Indonesia menjadi endemi.

Caranya dengan membentuk satgas-satgas protokol kesehatan yang menjalankan program pencegahan, pembinaan, penegakkan, sosialisasi pada lingkungan kerjanya. 

Mengenai rencana tersebut, Sekretaris Percepatan, Penanganan, Satgas Covid-19 Babel, Mikron Antariksa, mengatakan program yang diminta pemerintah tersebut, telah lama mereka lakukan sejak awal tahun lalu.

"Kalau di Babel ini sudah terlebih dahulu melaksanakan itu, kita sudah ada sejak awal tahun. Sudah kita sampaikan surat ke setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar membentuk satgas di setiap dinas, lembaga dan perusahaan swasta,"jelas Mikron kepada Bangkapos.com, Rabu (15/9/2021).

Mikron, menambahkan sejauh ini satgas di setiap OPD atau lembaga sebagian sudah berjalan, namun ada pula yang belum berjalan secara maksimal.

"Fungsinya satgas ini untuk melakukan penanganan Covid-19 di OPD dan lembaga mereka. Mereka sendiri membentuk satgas dan sudah berjalan saat ini, dari intansi yang ada di pemprov, hingga instansi vertikal," lanjutnya.

Mikron juga mengakui keberadaan satgas di setiap instani pemerintah negeri dan swasta ini sangat penting, dalam upaya mengendalikan Kasus Covid-19 di lingkungan kerja.

"Artinya memang perlu karena virus ini terus menyebar ke semua elemen masyarakat, sehingga tugas Satgas Covid-19 Babel perlu dibantu. Caranya dengan dibentuk satgas di setiap OPD, lembaga dan perusahaan. Di lembaga tersebut menujukkan orang sebagai penghubung ke Satgas Provinsi Babel untuk berkoordinasi dengan instansi atau perusahaan terkait," jelasnya. 

Dia memberikan contoh, baru baru ini Dinas Kelautan dan  Perikanan Pemprov Babel melalui sekretarisnya melakukan koordinasi dengan Satgas Covid-19 Babel dalam upaya pengendalian kasus di lingkungan kantor.

"Sementara kalau untuk perusahaan swasta ada juga dari Bank dan dari BUMN Angkasa Pura dan dari PLN yang meminta melihat lokasi isolasi terpusat mereka digunakan untuk karyawan PLN apabila terjangkit Covid-19," katanya.

Lebih jauh, Mikron mengatakan semua sistem dan teknis penanganan Covid-19 di lingkungan perkantoran telah disampaikan, seperti pegawai/karyawan yang harus mematuhi Protokol Kesehatan selama bekerja di kantor.

"Dengan adanya kebijakan terbaru dari Jubir Satgas pusat ini, tentunya akan kita optimalkan kembali, apa saja kekurangan sesuai arahannya dan SOP yang sudah ada. Seperti panduan prokes di tempat umum, isolasi terpadu, tracing/tracking harus dilakukan dan terus kita awasi," katanya. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved