Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Cegah Cacingan Massal, Pemkab Bangka Tengah Gencar Berikan Obat Cacing ke Sekolah

Dalam rangka pencegahan massal cacingan, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Kesehatan gencar melaksanakan Pemberian Obat

Penulis: Sela Agustika | Editor: khamelia
Bangkapos.com/Sela Agustika
Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dalam rangka pencegahan massal cacingan, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Kesehatan gencar melaksanakan Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Cacingan pada anak usia 1 tahun sampai dengan 12 Tahun di wilayah Kabupaten Bangka Tengah.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengatakan, pemberiaan obat pencegah cacingan ini menjadi upaya pemerintah daerah melawan kasus cacingan yang masih menjakiti beberapa warga.

Bahkan, pihaknya pun langsung mendatangi sekolah-sekolab untuk memberikan sosialisasi  pentingnya mencegah cacingan.

"Sampai saat ini kita masih berjuang melawan cacingan, yang ternyata masih menjakiti beberapa warga kita (Bangka Tengah -red), untuk itu saat ini kita sedang berupaya menggelar POPM dengan sasaran anak usia 1 tahun hingga 12 tahun, baik di posyandu, ataupun kita datangi langsung sekolah-sekolah di Paud, TK, dan SD untuk sosialisasi dan meberika  obat cacing ini," ungkap Algafry, Kamis (16/9/2021).

Ia menuturkan, syarat utama dalam pemberian obat cacing pada anak-anak, yakni harus dalam kondisi sehat atau tidak sakit.

"Syarat utama pelaksanaan POPM ini harus dalam keadaan sehat sejak berangkat dari rumah sampai ke lokasi, anak-anak sudah harus sarapan sebelum minum obat, dan juga disosialisasi dan diawasi oleh tenga kesehatn," jelasnya.

Algafry berharap pelaksanaan POPM cacingan ini sukses dan berhasil sesuai standar yang ditargetkan guna mencegah cacingan yang terjadi pada anak.

"Meski pandemi kita tidak boleh surut dalam menjaga kesehatan masyarakat, pencegahan cacicangan sejak dini sangat penting karena generasi penerus Kabupaten Bangka Tengah harus sehat demi Bateng semakin unggul," tuturnya.

Di tengan pandemi saat ini tak lupa ia juga mengimbau kepada warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan saat berada di luar rumah.

"Dalam pelaksanaan POPM cacingan di masa pandemi ini, kita juga sosialisaikan ke warga tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan ketat, baik menggunakan masker, menjaga jarak, dan lainnya," ujar Algafry.

Bangkapos.com/Sela Agustika

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved