Breaking News:

41.789 Ha Kawasan Hutan Rusak, DPRD Babel Inisiatif Raperda Pelestarian Keanekaragaman Hayati

DPRD Babel menyampaikan 4 Raperda. Satu di antaranya Raperda Inisiatif tentang pelestarian keanekaragaman hayati yang dirasa penting menjadi perhatian

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: M Ismunadi
Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Saat Rapat Paripurna terkait pengambilan putusan perubahan APBD 2021 dan penyampaian 4 raperda di Kantor DPRD Bangka Belitung, Jumat (17/9/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Bangka Belitung, Nico Plamonia Utama menyampaikan rancangan peraturan daerah (Raperda) inisiatif saat rapat paripurna di Kantor DPRD Bangka Belitung, Jumat (17/9/2021).

Satu di antara Perda tersebut terkait, tentang pelestarian keanekaragaman hayati yang dirasa penting untuk menjadi perhatian.

"Pembentukan raperda terkait pelestarian keanekaragaman hayati sangat mendasar sebagai penghasil timah terbesar di Indonesia bahkan dunia. Kondisi lingkungan hidup di Babel sangat memprihatikan," ujar Nico.

Dia membeberkan data dari Dinas Kehutanan Babel bahwa pada tahun 2018 luas kawasan hutan di Babel adalah 657.378 Ha, dengan luas kerusakan 41.789 Ha.

"Beberapa satwa sudah mulai sulit ditemukan, bahkan mentilen yang menjadi fauna identitas Babel kini berstatus rentan," katanya.

Selain itu, adapun beberapa raperda yang disampaikan dalam rapat paripurna tersebut meliputi :
1. Raperda tentang keanekaragaman hayati
2.  Raperda tentang pengendalian  kependudukan dan pembangunan keluarga
3. Raperda tentang rencana induk usaha perikanan budidaya.
4. Raperda tentang penambahan penyertaan modal pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada PT Jamkrida Babel.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman menyambut baik raperda yang disampaikan oleh DPRD Babel.

"Kami memberikan apresiasi yang setinggi tingginya atas upaya dari pihak DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang kembali menginisiasi dan menyampaikan raperda inisiatif DPRD," katanya. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved