Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Dongkrat Pariwisata, Pemprov Babel Siapkan Potensi Wisata di Setiap Daerah

Di tengah seretnya kunjungan wisatawan akibat pandemi Covid-19 di Provinsi Bangka Belitung, sejumlah upaya telah dilakukan pemerintah daerah untuk dap

Penulis: Riki Pratama | Editor: Fery Laskari
Bangkapos.com
Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Diskepora) Bangka Belitung, Suharto 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Di tengah seretnya kunjungan wisatawan akibat pandemi Covid-19 di Provinsi Bangka Belitung, sejumlah upaya telah dilakukan pemerintah daerah untuk dapat melakukan pergerakan wisatawan.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Provinsi Bangka Belitung, Suharto, mengatakan, dengan kondisi Pandemi Covid-19 saat ini daerah manapun mengalami dampaknya termasuk Bangka Belitung.

"Pemerintah telah berupaya membantu banyak, terutama dari pemprov telah berupaya mendongkrak kunjungan wisata, kita mendapat dukungan dari Menteri Pariwisata," kata Suharto kepada Bangkapos.com, Jumat (17/9/2021).

Dia mengatakan Kementerian Pariwisata meminta untuk diadakanya lomba desa wisata, sebagai harapan meningkatkan kunjungan ke daerah kabupaten/kota di Babel.

"Ada inisiasi diadakanya lomba desa wisata, diharapkan akan meningkatkan kunjungan setelah Covid-19 nanti. Alhamdulilah dari 1.531 se Indonesia, Babel terpilih dari 300 desa ada 9 desa. Pertama Belitung 3 desa, Beltim 3, Bangka 1, Basel 1, Bateng 1, total . Desa ini sudah terpilih," jelasnya.

Kemudian pada tahap kedua, dikerucutkan kembali 100 desa pilihan se Indonesia, terpilih satu desa masuk di dalamnya yakni Desa Membalong di Belitung.

"Desa wisata ini sudah menjadi catatan Kementerian Pariwisata akan ditinjau, dan mendapatkan kucuran dana dari pusat, sehingga kita berlomba-lomba, melakukam perbaiki desa," katanya.

Selain berdampak pada pembangunan di desa, desa wisata dapat juga secara otomatis melakukan pemulihan ekonomi di daerah yang memiliki potensi wisata.

"Seperti di Belitung sudah memiliki konsep pariwisata karena memiliki geopark, sudah diakui dunia, harapanya juga berdampak ke daerah lain sehingga sama-sama maju untuk pariwisatanya," katanya.

Dia menjelaskan berdasarkan intruksi gubernur, akan berkaloborasi dalam upaya membentuk tim khusus, untuk menentukan potensi apa saja yang ada di Babel pada setiap daerahnya.

"Jadi kita ingin membuat titik-titik mana saja yang menjadi lokasi pariwisata. Untuk dapat dikembangkan sebagai salah satu upaya pemerintah daerah kedepan, sehingga daerah di Babel setiap kabupaten/kotanya memiliki lokasi wisata unggulan," jelasnya. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved