Breaking News:

Berita Kabupaten Bangka

SEMARI: Cara Unik Ajak Warga Bersedekah Lima Ratus Rupiah Sehari Ala Mulkan-Syahbudin

Sedekah dari harta yang kita miliki tidak harus bernilai besar, yang terpenting adalah konsisten dan Istiqomah dalam melakukannya.

Penulis: Khamelia (Uwa) | Editor: khamelia
Ist/pemkab bangka
Bupati Bangka Mulkan bersama istri Yusmiati memberikan bantuan dari program Semari, Sedekah Lima Ratus Rupiah Sehari foto diambil, Selasa (20/8/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Wabah pandemi Covid-19 telah menciptakan krisis ekonomi di Indonesia, termasuk di wilayah Kabupaten Bangka. Kondisi ini turut memperburuk kesenjangan ekonomi antara kaya dan miskin, karena tidak sedikit orang yang kena PHK tidak bisa bekerja lagi, kesulitan mencari pekerjaan baru karena sejumlah sektor usaha terkena imbas.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyatakan, Krisis ekonomi global akibat pandemi Covid-19 menjadi
salah satu yang terburuk dalam sejarah. Mengingat, beratnya beban yang harus dipikul masing-masing negara dalam
mencari solusi untuk memutuskan mata rantai wabah, sekaligus mencari jurus jitu memulihkan perekonomian.

Kabupaten Bangka yang dipimpin oleh pasangan muda Mulkan dan Syahbudin punya program untuk melawan pandemi, salah satunya melalui Gerakan Sedekah Lima Ratus Rupiah Sehari (SEMARI). 

Program amal yang digalakkan Pemkab Bangka ini sudah dilakukan oleh Bupati Mulkan sejak menjabat tiga tahun lalu, sebelum adanya pandemi.

Gerakan sedekah lima ratus rupiah sehari oleh Bupati Mulkan ini cukup unik. Sebuah kotak amal diletakkan di pintu masuk kantor pemerintahan.

Meskipun sebetulnya sudah banyak lembaga maupun yayasan yang melakukan kegiatan pengumpulan shodaqoh dari umat islam, namun rasanya masih belum mampu berbuat banyak untuk menolong saudara-saudara kita yang masih mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, khususnya di bidang pangan dan sandang.

Sedekah Lima Ratus Rupiah Sehari, rasanya sangat kecil. Bahkan bagi sebagian orang tak ada
artinya. Namun dari yang kecil inilah akan menjadi besar, jikalau seluruh masyarakat tergerak hatinya untuk ikut
program ini. Dengan bersedekah lima ratus rupiah sehari jumlah yang dihasilkan akan luar biasa.

Potensi umat, terutama di Kabupaten Bangka sangatlah besar bila mau bersatu dan saling menolong dan peduli antar sesama. Sayang jika program amal yang sudah berjalan ini tidak dikelola dengan maksimal.

Sebagai ilustrasi, jumlah penduduk Kabupaten Bangka kurang lebih 300 ribu jiwa dikalikan Rp 500 sehari maka diperoleh Rp 150 juta sehari, dan mencapai Rp 4,5 miliar sebulan. Jika 50 persen saja yang bersedekah setiap harinya, hal itu cukup membantu mereka yang benar-benar kesusahan.

Melalui program ini siapapun bisa bersedekah. Bisa dimulai dari ASN, orang tak perlu khawatir ada laporan perolehan dana setiap harinya masuk ke dalam web dinas yang ditunjuk. Jadi setiap bulannya, siapapun bisa melihat hasil sedekah, termasuk juga pengeluarannya digunakan untuk apa. Sebagai gambaran, jumlah ASN Kabupaten Bangka 3949 dikali Rp500 sehari, diperoleh Rp3,9 juta sehari.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved