Breaking News:

Bertekad Optimalkan Nilai IKPA, KPPN Pangkalpinang dan BPS Bangka Belitung Tingkatkan Sinergi

KPPN Pangkalpinang meningkatkan sinergi dengan BPS Bangka Belitung untuk mengoptimalkan nilai Indikator Kualitas Pelaksanaan Anggaran (IKPA).

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: M Ismunadi
Istimewa
Kepala KPPN Pangkalpinang Esti Dwi Arvina saat mengikuti kegiatan sharing knowledge kiat-kiat mencapai kinerja pelaksanaan anggaran yang optimal melalui kegiatan zoom meeting yang diikuti oleh seluruh satuan kerja (Satker) BPS di Pulau Bangka dan Belitung, Sabtu (18/9/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Guna mengoptimalkan nilai Indikator Kualitas Pelaksanaan Anggaran atau IKPA, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pangkalpinang bersinergi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sinergi tersebut diwujudkan dalam kegiatan sharing knowledge kiat-kiat mencapai kinerja pelaksanaan anggaran yang optimal melalui kegiatan zoom meeting yang diikuti oleh seluruh satuan kerja (Satker) BPS di Pulau Bangka dan Belitung, Sabtu (18/9/2021).

Kepala KPPN Pangkalpinang Esti Dwi Arvina mengatakan, dalam mengoptimalkan anggaran perlu adanya inovasi treasury maps dan IKPA.

Inovasi ini dapat menjadi alat bantu satker dalam memperoleh informasi terkait IKPA serta timeline pelaksanaan anggaran, sehingga diharapkan dapat membantu pejabat pengelola keuangan dalam memahami pelaksanaan anggaran.

Treasury maps merupakan inisiatif strategis KPPN Pangkalpinang pada tahun 2021 dengan bentuk peta informasi yang mengusung tema lini masa pelaksanaan anggaran dan 13 indikator IKPA,” kata dia dalam rilisnya.

Kepala KPPN Pangkalpinang Esti Dwi Arvina saat mengikuti kegiatan sharing knowledge kiat-kiat mencapai kinerja pelaksanaan anggaran yang optimal melalui kegiatan zoom meeting yang diikuti oleh seluruh satuan kerja (Satker) BPS di Pulau Bangka dan Belitung, Sabtu (18/9/2021).
Kepala KPPN Pangkalpinang Esti Dwi Arvina saat mengikuti kegiatan sharing knowledge kiat-kiat mencapai kinerja pelaksanaan anggaran yang optimal melalui kegiatan zoom meeting yang diikuti oleh seluruh satuan kerja (Satker) BPS di Pulau Bangka dan Belitung, Sabtu (18/9/2021). (Istimewa)

Baca juga: Uang Kertas Rp5.000 Seri Kembar Laku Ditukar dengan Rp450 Juta, Ini Alasannya

Baca juga: Warung Mie Rebus Toping Daging Manusia Terungkap, yang Memakannya Akan Alami Penyakit Ini

Esti menyebut, IKPA sendiri adalah indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan selaku BUN untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja kementerian atau lembaga.

“Kulitas pelaksanaan anggaran belanja dari sisi kesesuaian perencanaan dengan pelaksanaan, efektivitas pelaksanaan kegiatan, efisiensi pelaksanaan kegiatan, dan kepatuhan terhadap regulasi,” terang Esti.

Selain itu, pada kesempatan yang sama juga disampaikan tentang indikator revisi DIPA dan penyesuaian halaman III DIPA oleh Kepala Seksi PPA IC Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bangka Belitung, Bernard Jan Pieter.

Penyesuaian halaman III DIPA diperlukan agar apa yang telah direncanakan setiap bulan dalam DIPA dapat dilaksanakan dengan akurat.

Sementara itu terpisah, Kepala BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dwi Retno Wilujeng Wahyu Utami menuturkan, kegiatan ini diadakan dalam rangka knowledge sharing untuk optimalisasi nilai IKPA bagi seluruh satuan kerja BPS di lingkup Provinsi Bangka Belitung.

“Kami harap kedepannya BPS dan KPPN dapat terus bersinergi dalam rangka pencapaian nilai IKPA optimal,” ungkap dia.

Kendati demikian, ia juga turut mengapresiasi upaya KPPN Pangkalpinang melalui launching inovasi treasury maps.

“Sebagai satuan kerja yang sangat aware terhadap kualitas kinerja pelaksanaan anggaran, kami merasa sangat terbantu dengan inovasi tersebut,” timpal Dwi. (Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved