Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Angka Kepatuhan Bermasker Bangka Belitung Menurun, Satgas Ungkap Fakta Lengkapnya

Angka Kepatuhan Bermasker Bangka Belitung Menurun, Satgas Ungkap Fakta Lengkapnya

Penulis: Teddy Malaka (CC) | Editor: Teddy Malaka
Bangkapos.com/Ramandha
Jubir Tim Gugus Covid-19, Andi Budi Prayitno 

BANGKAPOS.COM -- Angka Kepatuhan Memakai Masker di Bangka Belitung terus menurun. Pemerintah melalui Satuan Satgas Covid-19 memberikan peringatan.

Kondisi itu berdasarkan monitoring kepatuhan dalam menerapkan Protokol Kesehatan yang dilakukan di 34 provinsi di Indonesia selama 1 pekan (13-19 September 2021).

Dari hasil monitoring itu didapati tingkat kepatuhan penerapan Protokol Kesehatan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dari 342 titik yang dipantau yakni angka Kepatuhan Memakai Masker 79,48 persen dan angka Kepatuhan Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan 69,04 persen.

"Kondisi ini mengalami penurunan signifikan dibanding pekan sebelumnya dari 91,12 persen rerata nasional. Angka Kepatuhan Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan, 69,04 persen, mengalami penurunan drastis dibanding pekan sebelumnya dari 89,50 persen rerata nasional," kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Bangka Belitung, Andi Budi Prayitno, Minggu (19/9/2021).

Baca juga: Sering Pakai Baju Olahraga, Gaun Putih Maria Vania Mencuri Perhatian Saat Berada di Bali

Baca juga: Tak hanya Rp5 Ribu, Uang Rp1000 Sampai Rp100 Ribu Juga Dijual Rp15 Juta Asal Nomor Seri Begini

Baca juga: Warung Mie Rebus Toping Daging Manusia Terungkap, yang Memakannya Akan Alami Penyakit Ini

Data yang diungkap menjelaskan bahwa tingkat kepatuhan dan kesadaran dalam menerapkan Protokol Kesehatan 6M khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam 3 minggu terakhir mengalami penurunan.

"Ini tentu saja menjadi kabar kurang baik di tengah ikhtiar kita bersama dalam menghadapi gelombang ke-II pandemi Covid-19 dengan pelbagai variannya," kata Andi Budi Prayitno.

Dirinya tak bisan terus mengajak kita semua untuk membiasakan Protokol Kesehatan 6M dalam kehidupan kita sehari-hari mencakup: Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir/hand sanitizer, Mengurangi mobilitas, Menghindari kerumunan, dan Menghindari makan bersama, sebagai bagian dari tanggung jawab dan kesadaran kolektif agar pandemi Covid-19 ini bisa terkendali dan segera berakhir.

"Jangan abai apalagi menyepelekan Covid-19 karena sudah banyak korban terpapar, yang sembuh dan kembali sehat pun juga banyak, namun tidak sedikit yang kemudian tak tertolong dan berujung kepada kematian/meninggal dunia," katanya.

Protokol Kesehatan adalah cara paling sederhana dan mudah serta murah agar kita dan orang-orang di sekitar kita tidak terpapar Covid-19. Itu artinya ada tanggung jawab kita sebagai sesama warga masyarakat, sehingga penularan dan penyebaran Covid-19 tidak meluas dan menjadi masif di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang kita cintai ini.

Berdasarkan analisis dan evaluasi (anev) mingguan terhadap PPKM di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Per 12 September 2021, disampaikan bahwa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat ini berada di Level 3.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved