Breaking News:

Aturan Baru Penumpang Pesawat Internasional di Bandara Soetta, Antisipasi Cegah Covid-19 Varian MU

Prosedur baru tersebut sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 74 Tahun 2021.

WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
(Ilustrasi) Calon penumpang pesawat memenuhi areal Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Simak cara pengisian e-HAC, bisa via aplikasi dan website. 

BANGKAPOS.COM - Aturan baru penumpang pesawat kedatangan dari luar negeri mulai 19 September 2021 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Plt. Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah I Soekarno-Hatta Y. Gandoz mengatakan, prosedur baru tersebut sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 74 Tahun 2021.

"Prosedur baru ini tentunya sebagai antisipasi dalam mencegah masuknya varian baru Covid-19 yaitu varian Mu ke Indonesia," kata Gandoz, Minggu (19/9/2021).

Baca juga: Sering Pakai Baju Olahraga, Gaun Putih Maria Vania Mencuri Perhatian Saat Berada di Bali

Baca juga: PPKM Berakhir 20 September, Ini Aturan Terbaru Naik Pesawat Garuda Indonesia, Citilink dan Lion Air

Menurut Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi dalam prosedur baru ini akan ada beberapa checkpoint untuk kedatangan penumpang pesawat rute internasional.

Checkpoint tersebut sebagai berikut:

Checkpoint 1

Penumpang rute internasional (WNI dan WNA) yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta setelah turun dari pesawat akan menuju area holding, untuk dilakukan pendataan sesuai kriteria Keputusan Kepala Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 11/2021 (pekerja migran, pelajar/mahasiswa, pegawai pemerintah), dan pendataan untuk WNI dan pelaku perjalanan lainnya sesuai ketentuan di luar kriteria keputusan Ketua Satgas tersebut.

Checkpoint 2

Seluruh penumpang kemudian menuju area verifikasi dokumen kesehatan yang dilakukan oleh personel KKP Kementerian Kesehatan. Dokumen yang diverifikasi antara lain kartu vaksinasi, eHAC Internasional, surat hasil RT-PCR COVID-19 dari negara asal, dan dokumen lainnya yang dipersyaratkan dalam SE Kemenhub 74/2021. Pada titik ini, personel KKP  juga akan melakukan klasifikasi lokasi karantina.

Checkpoint 3

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved