Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Hasil Anev Kabupaten Bangka Barat Turun ke PPKM Level 2, Peran Tiga Satgasus Berjalan Maksimal

Menjelang berakhirnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kabupaten Bangka Barat (Babar) yang semula berada di Level 3, Satgas Percepat

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: Fery Laskari
Bangkapos.com/Dok
Sekretaris Satgas penanganan covid-19 Kabupaten Bangka Barat, Sidarta Gautama. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Menjelang berakhirnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kabupaten Bangka Barat (Babar) yang semula berada di Level 3, Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan analisa dan evaluasi Kabupaten Bangka Barat turun ke Level 2.

Menanggapi hal tersebut Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Barat, Sidarta Gautama mengungkapkan, keberhasilan melalui sinergi tiga tim yang dibentuk guna memutus rantai penyebaran Covid-19

"Semua ini bekerja melakukan giat masing-masing, karena antara satgasus saling berkaitan melengkapi tidak dapat dipisahkan. Mereka melakukan itu semua, dalam rangka mempercepat target kita," ujar Sidarta Gautama, Senin (20/09/2021). 

Diketahui di Kabupaten Bangka Barat terdapat tiga Satgasus yang terdiri dari Satgasus vaksinasi, Satgasus Tracing dan tracking, dan Satgasus oksiter (oksigen dan isoter). 

"Terus terang kami tidak terlalu memikirkan masalah level, yang dikerjakan kawan-kawan adalah bekerja semaksimal mungkin, profesional untuk menangani pandemi Covid-19 di Kabupaten Bangka Barat," tuturnya. 

"Hasilnya tanpa kita sadari karena kita tidak pernah memikirkan level, alhamdulillah ternyata sinergitas sangat menentukan untuk keluar dari pandemi," tambahnya. 

Tak hanya memaksimalkan Satgasus, peran seluruh pihak termasuk swasta dan masyarakat juga saling bahu-membahu dalam penanganan Covid-19

"Kita optimalkan diberdayakan seperti Bangka Barat, di mana ada daerah pesisir yang menjadu pilar di setiap perdesaan dan kecamatan, nelayan, bertambangan, pertanian, perkebunan kita semua berdayakan. Lalu swasta dunia usaha, juga turut membantu," jelasnya. 

Lebih lanjut Sidarta Gautama berharap untuk Kabupaten lainnya, khususnya di Provinsi Bangka Belitung dapat ikut serta mencapai PPKM Level 2 bahkan 1.

"Kita daerah kepulauan, tidak akan cukup Bangka Barat level 2 atau satu untuk aman. Bangka Belitung harus aman juga, akan sangat riskan kalau Bangka Barat level 2 tapi masih ada di Bangka Barat ini di level 4. Karena mobilitas kita ini sangat tinggi, kemungkinan untuk transimi lokal masih bisa terkadi ketika masih ada kabupaten yang masih berada di level warning," ungkapnya. 

Sementara itu untuk update Covid-19 terdapat lima penambahan kasus, sehingga total 5.345 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19

Sedangkan untuk jumlah yang sudah sembuh sebanyak 5.128 orang, dengan jumlah 92 orang yang masih terpapar Covid-19 atau masih melakukan isolasi. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy) 

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved