Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Mulai Sabtu Ini Syarat Masuk Pantai Harus Sudah Divaksin, Simak Penjelasan Boy Yandra

Dalam rangka percepatan vaksinasi, Kabupaten Bangka memberlakukan bukti vaksinasi sebagai syarat masuk pantai.

Penulis: Arya Bima Mahendra | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Sebuah pantai yang ada di Kabupaten Bangka. (Bangkapos/Arya Bima Mahendra) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dalam rangka percepatan vaksinasi, Kabupaten Bangka memberlakukan bukti vaksinasi sebagai syarat masuk pantai.

Disampaikan langsung oleh Boy Yandra selaku Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka, mulai pekan ini, tepatnya pada hari Sabtu (25/9/2021) nanti sejumlah pantai di Kabupaten Bangka akan mulai berlakukan bukti vaksinasi sebagai syarat masuk pantai.

Sebelumnya, Tim Satgassus Vaksinasi Kabupaten Bangka yang terdiri dari, BPBD, Polres Bangka, Satpol PP, Dishub, Polairud dan PSC 119 Kabupaten Bangka telah melakukan sejumlah sosialisasi kepada sejumlah pengelola pantai.

"Kemarin sudah kita lakukan sosialisasi dan arahan, Alhamdulillah semuanya setuju dan tidak ada yang menolak rencana tersebut," kata Boy, Senin (20/9/2021).

Menurutnya semua pihak pengelola pantai menerima dengan baik itikad tersebut dalam rangka membantu proses percepatan vaksinasi di Kabupaten Bangka

Adapun beberapa pantai yang nantinya akan menerapkan kebijakan tersebut adalah, Pantai Pesona, Pantai Parai, Pantai Matras, Pantai Telaga Emas, Pantai Tongaci, dan Pantai Batubedaun.

"Pemberlakuannya akan kita upayakan diseluruh pantai, cuma pas kemarin kita survei, maka kita putuskan untuk lakukan dipantai-pantai tersebut dulu yang dinilai cukup ramai pengunjungnya," sebutnya.

Selanjutnya pihaknya akan mensurvei dan mensosialisasikan kembali kepada pengelola pantai-pantai yang lain untuk memberlakukan hal serupa.

"Untuk Surat Edaran dari BPBD sudah ada, mungkin besok atau lusa akan kita sebarkan kepada pengelola pantai," ujar Boy.

Boy mengatakan bahwa kebijakan dan aturan tersebut direncanakan akan diberlakukan setiap akhir pekan tepatnya pada hari Sabtu dan Minggu yang dianggap banyak wisatawannya. "Nanti kita stand by dari jam 2 sore sampai sebelum magrib dibeberapa titik pantai," jelasnya.

Selain itu, akan ada mobil gerai vaksinasi dari Polres Bangka yang akan berjaga di pos-pos ataupun pintu masuk pantai.

"Jadi kalau yang sudah vaksin minimal vaksin dosis 1 diperbolehkan masuk lingkungan pantai dengan menunjukan kartu vaksinasi ataupun sertifikat vaksin melalui Aplikasi PeduliLundungi.

Jika yang belum divaksin maka akan kami imbau untuk vaksin di lokasi, kalau memang ada yang menolak dan tidak mau maka terpaksa kita suruh pulang dan tidak boleh masuk pantai," tambahnya.

Boy memastikan pihaknya juga akan berkerja sama dengan Duta Vaksin yang dibentuk oleh Satgassus Vaksinasi beberapa waktu lalu.

"Kita ajak Duta Vaksin yang terdiri dari KNPI, pemuda, tokoh agama dan toko masyarakat serta Bujang Mia untuk mensosialisasikan kepada masyarakat yang masih ragu dan tidak percaya vaksin," katanya. (Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved