Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Wagub Babel: Vaksinasi Covid-19 dan Protokol Kesehatan Harus Jadi Syarat Digelarnya Event

Pencapaian vaksinasi Covid-19 di satu daerah dan penerapan protokol kesehatan menjadi syarat digelarnya sebuah event di daerah

Editor: Teddy Malaka
Diskominfo Babel
Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah 

BANGKAPOS.COM -- Pencapaian vaksinasi Covid-19 di satu daerah dan penerapan protokol kesehatan menjadi syarat digelarnya sebuah event di daerah. Hal ini dilakukan agar sebuah event tidak menjadi cluster baru penyebaran Covid-19.

Harapan itu disampaikan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah usai mengikuti Rapat Koordinasi Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Luar Jawa Bali sebagai Persiapan Penyelengaraan World Superbike Mandalika 2021 dan Penyelenggaraan Sepakbola Liga 1 Indonesia, secara virtual, di ruang kerja Wakil Gubernur, Sabtu (18/9/21). 

Wagub menjelaskan Rapat Koordinasi yang dipimpin Menteri Koordinator Perekonomian RI, Airlangga Hartarto kali ini membahas tentang evaluasi penanganan Covid-19 di daerah luar Jawa dan Bali, khususnya sebagai persiapan yang dilakukan untuk gelaran event World Superbike yang akan dilaksanakan pada tanggal 12-14 November 2021 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, serta bergulirnya Sepak Bola Liga 1 Indonesia. 

Baca juga: Sering Pakai Baju Olahraga, Gaun Putih Maria Vania Mencuri Perhatian Saat Berada di Bali

Baca juga: Tak hanya Rp5 Ribu, Uang Rp1000 Sampai Rp100 Ribu Juga Dijual Rp15 Juta Asal Nomor Seri Begini

Baca juga: Warung Mie Rebus Toping Daging Manusia Terungkap, yang Memakannya Akan Alami Penyakit Ini

Selain prokes dan capaian vaksinasi di tempat penyelenggaraan kegiatan, wagub menjelaskan, ada tidaknya penonton dan pembentukan satgas di seluruh titik lokasi berlangsungnya kegiatan juga dibahas dalam rapat ini. 

Sebelumnya Menteri Koordinator Perekonomian RI, yang sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga Hartarto dalam kesempatan itu memaparkan Update Konfirmasi Harian dan Kasus Aktif Nasional pertanggal 17 September 2021.

Di mana tambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 3.835 kasus, dan total akumulasi kasus Covid-19 sebanyak 4.185.144 kasus.

Kasus aktif berkurang sebanyak 4.296 kasus sehingga total sebanyak 68.942 kasus. Sedangkan jumlah kematian bertambah 219 orang dan jumlah kesembuhan bertambah 7.912 orang. Artinya kasus aktif Nasional sejak 9 Agustus hingga 17 September 2021 ini sudah turun sekitar 84,63%. 

Demikian juga dengan Perkembangan Assesment Situasi di 23 Kabupaten/Kota PPKM Luar Jawa Bali yang terjadi perbaikan level assesment di 9 Kabupaten/ Kota. 

Menko  Airlangga Hartarto juga menyampaikan perkembangan Covid-19 di Kabupaten Lombok Tengah tempat penyelenggaraan kegiatan Superbike. Yang menjadi perhatiannya adalah capaian vaksinasi Covid-19 di daerah itu. Menurutnya sebelum kegiatan dilaksanakan harus dilakukan percepatan vaksinasi. Vaksinasi menjadi penting sebagai jaminan keamanan penyelenggaraan kegiatan di samping pelaksanaan protokol kesehatan. 

Selain Menko, dalam kegiatan ini juga disampaikan paparan dari beberapa menteri, pimpinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai penyelenggara Kejuaraan Superbike, serta Gubernur dan Bupati/Walikota tempat penyelenggaraan event tersebut berlangsung. (Lulus/kominfo*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved