Breaking News:

Tabel IRIO 2016 BPS Sumber Informasi Penting Pembangunan Bangka Belitung

Badan Pusat Statistik (BPS) Bangka Belitung (Babel) menggelar kegiatan seminar sosialisasi.

Editor: nurhayati
Diskominfo Babel
Wagub Babel, Abdul Fatah 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Badan Pusat Statistik (BPS) Bangka Belitung (Babel) menggelar kegiatan seminar sosialisasi Tabel Inter-Regional Input-Output (IRIO) 2016 yang diselenggarakan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting, Selasa ( 21/09/2021).

Kepala BPS Babel Dwi Retno Wilujeng Wahyu Utami, menyebutkan kegiatan ini terlaksana dalam rangka menyambut Hari Statistik Nasional (HSN) yang diperingati pada 26 September.

Seminar tersebut mengambil tema "Membagun Interaksi Ekonomi Antar Wilayah Menuju Babel Sejahtera". 

Dikatakannya, aktivitas ekonomi Babel pada periode 2015-2019 mengalami peningkatan, namun tumbuh cenderung lemah dikarenakan harga jual komoditi unggulan yang tidak stabil.

Selain itu, produksi barang jasa dan perkembangan investasi belum optimal, juga disertai pengaruh dampak dari Pandemi Covid -19.

"Pertumbuhan ekonomi Babel di tahun 2020 terkontraksi sebesar 2,3 persen, dan kita bersyukur di tahun 2021 ekonomi mulai membaik tumbuh positif secara kumulatif.

Pada triwulan II-2021 sebesar 3,87 persen, dan secara year on year tumbuh 6,85 persen. 

Hanya saja, Bangka Belitung masih tergantung akan produk dari daerah lain, apalagi daerah ini sebagai daerah kepulauan.

Untuk membangun ekonomi Bangka Belitung, dijelaskan Retno, diperlukan perancanaan pembagunan yang terintegrasi dengan mempertimbangkan aspek ruang, daerah dan wilayah. 

"Untuk itu dibutuhkan informasi tentang karakteristik daerah yang lebih optimal dalam kerangka data yang terintegrasi. Salah satu alat yang dapat memberikan informasi tersebut adalah tabel Inter-Regional Input-Output (IRIO)," katanya. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved