Breaking News:

Lawan Covid19

Kondisi Pandemi di Indonesia Setelah Berulangkali Diterapkan PPKM

Di Jawa dan Bali sekarang tidak ada lagi PPKM Level 4. PPKM level tertinggi ini hanya diterapkan di 10 daerah di luar Jawa dan Bali.

Editor: fitriadi
TRIBUN MEDAN / Muhammad Anil Rasyid
Calon penumpang antre melakukan check in di Bandara Kualanamu, Deliserdang, Sumatera Utara, Rabu (5/5/2021). Pemerintah menerapkan aturan ketat sebagai syarat perjalanan melalui udara, darat dan laut di masa PPKM. 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dinilai efektif menurunkan kasus Covid-19 di Indonesia.

Bahkan di Jawa dan Bali sekarang tidak ada lagi PPKM Level 4.

PPKM level tertinggi ini hanya diterapkan di 10 daerah di luar Jawa dan Bali.

Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Alexander Ginting, memaparkan kondisi pandemi setelah diberlakukannya penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel.

Sudah banyak kasus yang turun, dibandingkan pada bulan Juli lalu. Hal ini bisa dilihat dari ketersediaan ruang di rumah sakit.

Menurut Alex, kapasitas bed occupancy rate (BOR) yang tadinya terisi hingga 90 persen, kini berada di bawah 20 persen. Kasus aktif, kata Alex pun turun di bawah 10.000.

"Jawa Bali tidak ada PPKM level 4, yang ada level 3 dan level 2. Pada level 3, menyatakan bahwa angka konfirmasi kasus 50-100 per seratus. Lalu rawat inap juga antara 10-30 perseratus ribu penduduk per minggu," ungkapnya dalam seminar virtual melalui kanal YouTube FMB9ID, Selasa (21/9/2021).

Baca juga: Harga Bensin Jenis Ini Naik Rp 2.450 Akhir September di SPBU, Begini Penjelasan Pertamina

Baca juga: Beda Nasib PNS Timor Leste dan Indonesia Bak Langit dan Bumi, Tunjangan Pegawai Bukan Berupa Uang

Baca juga: Penampilan Ayu Ting Ting Pakai Mini Dress Ala Korea Jadi Sorotan, Pose Berdiri Kelihatan Paha

Hal ini menurut Alex menjadi pertanda sudah banyak perbaikan. Walaupun di luar Jawa-Bali masih ada 10 daerah yang masih PPKM level 4, yaitu di daerah Kalimantan Timur, dan beberapa daerah di Aceh serta Sumatera Utara.

"Kita bisa melihat PPKM bisa menurunkan mobilitas. PPKM berlevel bisa meningkatkan kinerja posko PPKM di tingkat desa dan kelurahan. PPKM ini juga merupakan pengawasan lebih dekat dengan prilaku masyarakat dalam menjalankan prokes," kata Alex lagi.

Alex pun menyebutkan jika PPKM bisa menjadi role model Indonesia dan menjadi salah satu contoh jika PPKM harus terjadi terus-menerus dilakukan meski kasus mengalami penurunan.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved