Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Perpanjangan SIM di Pangkalpinang Melalui Aplikasi, Begini Caranya

Perpanjangan SIM secara online di Pangkalpinang telah dilakukan sejak Senin (20/9/2021) kemarin dan akan dilakukan secara bertahap.

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: khamelia
IST
Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) kategori A dan C di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung telah dilakukan secara online melalui aplikasi Digital Korlantas Polri.

Perpanjangan SIM secara online di Pangkalpinang telah dilakukan sejak Senin (20/9/2021) kemarin dan akan dilakukan secara bertahap.

Kepala Unit (Kanit) Registrasi dan Identifikasi (Regident), Satlantas Polres Pangkalpinang, Ipda Rizka Siti Amalia menjelaskan, penggunaan layanan Sinar diaplikasi Digital Korlantas Polri cukup mudah.

Pertama pemohon perpanjangan SIM cukup mengunduh aplikasi Digital Korlantas Polri melalui app store ataupun play store.

Baca juga: Bocoran UMP 2022 di Provinsi Bangka Belitung, Kadisnaker Sebut Kemungkinan Tetap Sama

Baca juga: Tak Sanggup Layani Suami Saat Hamil, Istri Carikan Wanita Cantik dan Muda untuk Jadi Madu Kesayangan

Setelah berhasil diunduh, pemohon hanya perlu melakukan verifikasi identitas dengan memasukkan nomor handphone ataupun e-mail.

"Nanti pemohon akan mendapatkan kode OTP. Setelah kode OTP dimasukkan pengguna akan diminta memasukan NIK beserta nama lengkap sesuai KTP yang akan di-upload untuk diverifikasi melalui face recognition. Jika dinyatakan valid, maka layanan membuat dan memperpanjang SIM online siap digunakan," kata dia kepada Bangkapos.com, Rabu (22/9/2021).

Sambung Rizka, setelah berhasil pemohon silakan masuk kembali ke aplikasi Digital Korlantas Polri, dan pilih ikon SINAR. Lalu pilih perpanjangan SIM.

Nantinya, pemohon diminta memilih golongan SIM serta mengunggah foto KTP, foto SIM, serta foto tanda tangan dan pas foto dengan dilengkapi hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi pengemudi.

"Scan sidik jari tidak lagi digunakan, karena sudah melalui NIK KTP. Untuk foto latar belakang warna biru dengan resolusi 420x640 pixel," terang Rizka.

Sementara itu, sambungnya, untuk pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan psikologi dan ujian teori SIM, pemohon juga hanya perlu melakukannya lewat online. Pemohon cukup memilih link E-Rikkes pada layanan SINAR. 

Sedangkan untuk tes psikologi, pemohon cukup memilih link E-PPSI pada layanan SINAR. Dalam tes kesehatan dan psikologi ini, pemohon harus menjawab pertanyaan-pertanyaan agar bisa memenuhi syarat. Seluruh soal-soal ini sudah terakreditasi oleh SSDM Polri.

"Nanti pemohon akan dibuatkan janji dengan dokternya. Kalau dari Polda Bangka Belitung ada dokter tersendiri dari Rumah Sakit Bhayangkara," paparnya.

Tak berhenti sampai disitu, kata Rizka, setelah semua selesai untuk layanan pembayaran perpanjangan SIM A dan SIM C ini menggunakan sistem cashless. 

Guna memberikan kemudahan pelayanan pembayaran PNBP SIM secara online, melalui virtual account BNI.

"Jika nanti sudah diverifikasi oleh petugas nanti pemohon akan mendapatkan notifikasi bahwa SIM sudah dicetak. Dalam satu hari kerja perpanjangan SIM baru sudah selesai. Untuk pengiriman kita menggunakan PT. POS Indonesia," tukas Rizka. (Bangkapos/Cepi Marlianto)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved