Breaking News:

Pelabuhan Tanjung Gudang Segera Bermetamorfosis Sebagai Pelabuhan Ekspor

Di bawah era kepemimpinan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman akan memiliki pelabuhan ekspor

Editor: nurhayati
Diskominfo Babel
Gubernur Erzaldi Rosman 

BANGKAPOS.COM, BANGKA --  Di bawah era kepemimpinan Gubernur Erzaldi Rosman, akhirnya Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan memiliki pelabuhan ekspor untuk mengirimkan logistik ke negara lain.'

Berlokasi di utara pulau Bangka, tepatnya Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu akan dikembangkan oleh Kementerian Perhubungan RI melalui PT Pelindo 2. 

Nantinya, konsep pembangunan Pelabuhan Tanjung Gudang itu sendiri mengusung konsep pelabuhan yang terintegrasi dengan memiliki terminal peti kemas internasional dan domestik, terminal roro dan pelabuhan perikanan.

Guna merealisasikan hal itu secepatnya, Gubernur Erzaldi beraudiensi dengan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi secara virtual, Kamis (23/9/2021). 

Erzaldi dalam pertemuan virtual itu mengatakan pertemuan ini guna menindaklanjuti pertemuan sebelumnya terkait revisi pengembangan Pelabuhan Pangkalbalam yang akan dialihkan ke Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu sebagai pelabuhan ekspor. 

"Pengembangan Pelabuhan Belinyu ini diharapkan dapat menjadi simpul bagi sentra produksi dan industri, transportasi dan logistik di kawasan Babel dan mampu menekan biaya logistik bagi para pengguna jasa," ujarnya.

Dengan letak wilayah Bangka Belitungyang berada pada poros tengah jalur lalu lintas Pulau Sumatera dan Selat Karimata, yang merupakan jalur perdagangan internasional, menjadikan provinsi ini secara geografis sebagai wilayah strategis bidang pelayaran dan perdagangan jalur laut ke negara laut. 

Sehingga, Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu akan dipersiapkan untuk melayani arus ekspor impor termasuk komoditas dari Babel itu sendiri. 

Ditargetkan Menhub RI Rampung Tahun 2022

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi dalam kesempatan itu mewanti-wanti jajarannya untuk memastikan hal teknis dalam rencana pengembangan pelabuhan Belinyu berjalan dengan baik, seperti desain layout existing pembangunan dermaga, pengontrolan anggaran dilakukan dengan cermat, masalah pengerukan, arus ombak, hingga posisi karang. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved