Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Yuk, Melihat Planet Tata Surya Malam Hari Pakai Teropong Bintang di Sekolah Alam Pangkalpinang

Sekolah Alam Pangkalpinang (SAPKA) mengajak adik-adik SD untuk melihat langsung benda-benda yang ada di antariksa pada malam hari menggunakan teleskop

Editor: khamelia
Ist/SAPKA
Anak-anak antusias melihat secara langsung wujud matahari melalui teropong bintang milik Sekolah Alam Pangkalpinang (SAPKA) beberapa waktu lalu. Nah, Jumat malam nanti SAPKA juga mengajak siswa SD melihat langsung bulan, bintang dan benda-benda langit lainnya menggunakan teleskop dengan ditemani astronom ITB. Ikutan yukk... 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Apakah kamu suka memandang bintang di langit malam hari? Saat menatapnya, pasti kita akan melihat banyak bintang bertaburan, terlebih kalau cuaca lagi cerah.

Bintang-bintang terlihat berkelap-kelip indah, ya! Siapa yang tak kagum? Bintang juga merupakan salah satu benda langit yang menyimpan banyak keunikan lho.

Nah, Sekolah Alam Pangkalpinang (SAPKA) mengajak adik-adik SD untuk melihat langsung benda-benda yang ada di antariksa pada malam hari menggunakan teleskop. 

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Jumat, 24 September 2021, berlokasi di Sekolah Alam Pangkalpinang, Jalan Len Listrik, Jerambah Gantung Pangkalpinang.

Kepala Sekolah SAPKA, Arifin Saddoen mengatakan, jika cuaca cerah akan terlihat langit yang berhiaskan bulan, planet, dan bintang-bintang yang berkelap-kelip.

"Selain mengajak siswa-siswi SAPKA, kami juga ingin mengajak siswa-siswa SD lainnya untuk mengamati benda-benda langit yang pastinya bisa menambah pengetahuan tentang ilmu antariksa," ujar Arifin.

Dikatakannya, perbedaan langit senja dan malam merupakan fenomena alam yang luar biasa untuk diamati, mulai dari warna langit yang berwarna biru menjadi kuning kemerahan sampai perbedaan suhu yang semakin dingin menjelang malam.

" Acara akan dimulai dengan penjelasan tentang Tata Surya, matahari sebagai pusat dan planet-planet yang mengitarinya," ujarnya.

Peserta dari Sekolah Alam Pangkalpinang terdiri dari murid Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar, sedangkan untuk umum dikhususkan pada peserta usia sekolah dasar di Pangkalpinang.

"Acara untuk umum akan dimulai pada pukul 19.00 dimana bulan mulai menampakkan dirinya dan planet Jupiter terlihat jelas. Peserta dibatasi 30 orang agar setiap anak dapat leluasa mengamati benda langit melalui dua teropong bintang yang tersedia," ujarnya Arifin.

Ia menambahkan, selain pengamatan langsung benda-benda langit, peserta akan dibekali dengan materi tentang tata surya. Bahwa setiap beberapa waktu akan ada kemunculan planet yang berbeda-beda. 

"Setiap peserta akan mendapat materi yang bisa dibawa pulang dan dapat diulang kembali di rumah. Kegiatan dipandu oleh bapak ibu dari Astronomi ITB. Ayo Bapak Ibu bisa mendaftarkan putra putrinya ke Sekolah Alam Pangkalpinang," jelas Arifin.

Sapka Pangkalpinang
Sapka Pangkalpinang (ist)

Ada kontribusi sebesar Rp50.000/siswa untuk ikut kegiatan ini. Pendaftaran silahkan menghubungi Arifin: 081252466607/ Ansori: 085273473378 / Leyla: 081367606267. (*/uwa)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved