Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Ahli Epidemiologi Ingatkan Dua Kunci Ini Tekan Angka Kasus Covid-19

Ahli Epidemiologi sekaligus Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo mengatakan dua kunci utama menekan

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: Fery Laskari
Bangkapos.com/Dok
Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Ahli Epidemiologi sekaligus Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo mengatakan dua kunci utama menekan angka kasus terkonfirmasi Covid-19 yakni penerapan protokol kesehatan dan percepatan vaksinasi.

"Sekarang sudah mulai menurun laju pertumbuhan, dari segi epidemiologi arti sudah mulai membaik, cuma prokes harus diterapkan dan vaksinasi dipercepat," ujar dr Bangun, Jumat (24/9/2021).

Namun, kasus yang menurun ini janganlah membuat masyarakat lengah dan abai, pasalnya potensi terjadi gelombang lanjutan bisa saja terjadi.

"Kalau serangan gelombang, harus tetap kita waspadai, peran percepatan vaksinasi sangat penting dan perketatan di pintu masuk juga, kita pantau dan kita awasi, itu bertujuan untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19," katanya.

Sementara untuk percepatan vaksinasi ini guna menciptakan antibodi, pemerintah bahkan berupaya untuk mencapai 70 persen herd immunity.

"Kalau semua sudah ada antibodi, maka faktor resiko bisa menurun, tetapi tetap prokes harus jalan walau sudah vaksin," katanya.

Dia juga menyebutkan penularan masih bisa terjadi, apabila mobilitas masyarakat tinggi tapi tak taat prokes.

"Kalau mobilitas masyarakat tinggi maka harus diiringi dengan prokes, kalau tidak tentu angka kasus bisa naik lagi, tapi kalau mobilitas tinggi prokes ketat kemungkinan angka tetap bisa berkurang," katanya. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved