Breaking News:

bangka pos hari ini

Ditlantas Babel Siapkan Tiga Upaya Pencegahan, Tahun 2021 Pelanggaran Lalulintas Meningkat

Angka pelanggaran lalulintas di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkat di tahun 2021 ini.

(Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)
Dirlantas Polda Kepulauan Bangka Belitung, Kombes Pol Hindarsono 

BANGKAPOS.COM - Angka pelanggaran lalulintas di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkat di tahun 2021 ini.

Diketahui hingga Agustus 2021, jumlah penilangan sudah mencapai 13.975 lembar, dan 6.410 teguran. Sedangkan di tahun 2020, tercatat ada 10.758 tilang dan 7.640 teguran.

Untuk kecelakaan lalulintas yang menyebabkan korbannya meninggal dunia, di tahun ini mengalami penurunan.

Tercatat, hingga Agustus 2021 ada 108 kasus dengan korban meninggal dunia, 69 orang dengan luka berat, 121 orang dengan luka ringan dan total kerugian materiil Rp812 juta.

Sedangkan di tahun 2020, ada 133 orang dinyatakan meninggal dunia dalam kecelakaan lalulintas, 171 orang mengalami luka berat dan sebanyak 124 orang mengalami luka ringan. Untuk total kerugian materiil selama 2020 Rp800 juta.

Baca juga: Razia Prokes 2 Kali Seminggu, Pangkalpinang Masih Masuk PPKM Level 3

Direktur Lalulintas Polda Babel, Kombes Pol Hindarsono mengakui pelanggaran lalulintas di wilayah hukumnya, mengalami peningkatan 25 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Untuk itu berbagai upaya akan terus kami optimalkan, serta diaktualisasikan, sehingga dapat menekan baik angka pelanggaran lalulintas maupun kecelakaan lalulintas," tegas Hindarsono, saat ditemui di Polda Babel, Kamis (23/9/2021).

Menurutnya, ada tiga upaya menekan terjadinya kecelakaan lalulintas atau jumlah korban kecelakaan lalulintas.

"Pertama dengan meningkatkan operasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas keselamatan masyarakat dan meningkatnya ketertiban berlalulintas," ujarnya.

Kemudian kedua, yaitu peningkatan kerja sama dengan instansi-instasi terkait.

Dengan cara memaksimalkan pengamanan di titik-titik rawan kecelakaan, pemasangan rambu lalu lintas, pemasangan tanda peringatan hingga penerangan dan perbaikan jalan.

Baca juga: Satpol PP dan Pedagang Heran Tempat Cuci Tangan di Pasar Pangkalpinang Lenyap Entah Kemana

Lalu, yang ketiga yaitu meningkatkan kenyamanan pengendara kendaraan bermotor dengan diperbaikinya jalan-jalan atau titik-titik yang rusak atau rawan.

"Untuk meningkatkan keselamatan dan menekan terjadinya kecelakaan lalulintas, ini tidak hanya menjadi pekerjaan kepolisian sendiri, namun semua pihak harus saling berkaitan dan bersinergi," ungkapnya.

Diketahui sebelumnya, Polda Babel mulai menggelar Operasi Patuh Menumbing 2021 sejak Senin (20/9/2021) hingga Oktober 2021.

Halaman
12
Sumber: bangkapos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved