Breaking News:

Permudah Pembayaran Iuran, BPJS Kesehatan Hadirkan Fitur Canggih via Mobile JKN

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menghadirkan berbagai fitur-fitur canggih di aplikasi autodebit iuran JKN-KIS melalui Mobile JKN.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: M Ismunadi
Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Saat media gathering BPJS Kesehatan dalam menginformasikan terkait fitur canggih iuran autodebit 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menghadirkan berbagai fitur-fitur canggih di aplikasi autodebit iuran Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) melalui Mobile JKN.

Hal ini guna untuk memudahkan dan menjangkau peserta mandiri dalam pembayaran iuran kepesertaan.

Bahkan para pesertan yang tak punya rekening pun, dapat melakukan pembayaran dengan metode lain seperti financial technology meliputi gopay, OVO, Tokopedia, Isaku, Doku dan mitra lainnya.

"Untuk menjangkau apabila tidak ada rekening, kita beri fasilitasi, banyak program yang kita keluarkan agar peserta dapat melakukan pembayaran dan menyukseskan program JKN-KIS," ujar Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang, Rara Revilawati saat Media Gathering di Restoran Gale-Gale, Jumat (24/9/2021).

Dia menyebutkan selain itu, peserta juga masih bisa membayar iuran sesuai dengan nominal tertentu secara manual.

"Sampai dengan sekarang masih ada yang membayar manual, tapi kita ingin memberikan fasilitasi, jangan sampai lupa bayar, jadi dimudahkan. Apabila merasa mahal bayar karena kelas 1, jadi bisa turun kelas, agar lebih ringan," katanya.

Sementara, untuk peserta yang kurang mampu, dapat mendaftarkan diri agar iuran dapat ditanggung oleh pemerintah.

Baca juga: Tukul Arwana Dioperasi untuk Obati Stroke, Segini Daftar Harga Biaya Operasi Bedah Syaraf di RS

Baca juga: Punya Alat Atasi Pendarahan Otak Seperti Tukul Arwana Cuma 29 Menit, dr Terawan Malah Dipecat IDI

Selain itu, dijelaskan dalam menyelesaikan permasalahan tunggakan, BPJS Kesehatan sudah bekerjasama dengan PT Pegadaian.

Peserta yang memiliki tunggakan iuran yang nominal besar atau berat bila akan membayar sekaligus, dapat dengan ikut program PT Pegadaian dengan menyerahkan barang jaminan.

Adapun barang yang dapat digadai meliputi kantong, kendaraan, elektronik dan barang gudang.

Melalui perjanjian ini, Pegadaian dapat menyalurkan produk Gadai KCA bagi nasabah yang memiliki tunggakan iuran dan menyediakan benefit berupa promo yaitu diskon sewa modal guna membantu masyarakat.

Dengan syarat besaran uang pinjaman di atas Rp500.000 sampai dengan maksimal Rp5.000.000.

"Kalau Pegadaian memang harus ada barang yang digadaikan, mungkin sampai sekarang masyarakat di Babel belum ikut, tetapi udah ada beberapa yang ikut. Aturannya tetap pada Pegadaian, bedanya dapat vocher untuk mengurangi cicilan," katanya. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved