Breaking News:

Advertorial

Literasi Digital di Belitung Timur Ajarkan Etika Hargai Konten Orang Lain di Medsos

Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital.

Editor: nurhayati
Ist
literasi digital dilakukan di Kabupaten Belitung Timur, Rabu (25/8/2021) lalu. 

BANGKAPOS.COM -- Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital.

Arahan ini ditindak lanjuti oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Pemberdayaan Informatika, Ditjen Aptika memiliki target hingga tahun 2024 untuk menjangkau 50 juta masyarakat agar mendapatkan literasi di bidang digital dengan secara spesifik untuk tahun 2021.

Target yang telah dicanangkan adalah 12,5 juta masyarakat dari berbagai kalangan untuk mendapatkan literasi dibidang digital.

Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kabupaten/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Kali ini literasi digital dilakukan di Kabupaten Belitung Timur, Rabu (25/8/2021) lalu.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yaitu, Dr. H. Erzaldi Rosman Djohan S.E., M.M.

WINARSIH, M.PD (Pengajar dan Social Activation), pada pilar KECAKAPAN DIGITAL. Winarsih memaparkan tema “DIGITAL SKILL IN ACTION: SUKSES BELAJAR ONLINE DENGAN KEMAMPUAN DIGITAL”.

Dalam pemaparannya, Winarsih menjelaskan tujuan literasi digital ialah agar pendidik, orang tua, dan peserta didik dapat mengenal dan memiliki kemampuan digital.

Ciri pembelajaran online, antara lain bertumpu pada kemandirian peserta didik dalam belajar, penggunaan media elektronik berbasis komputer, pemanfaatan berbagai fungsi media elektronik sehingga disebut sebagai multimedia, serta penggunaan hardware, software, dan jaringan internet.

"Contoh platform pembelajaran yang biasa digunakan, meliputi kahoot, youtube, whatsapp, google classroom, quizizz, dan google earth. Tips sukses belajar online, diantaranya pemilihan media pembelajaran yang tepat, disiplin waktu, persiapan perangkat belajar mengajar online, serta menjalin komunikasi antara pengajar, siswa, dan orang tua," ungkap Winarsih.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved