Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pegawai Lapas Kelas II A Pangkalpinang Dilatih Jinakkan Api Saat Kebakaran

Pegawai Lembaga Permasyarakatan (Lapas) kelas II A Pangkalpinang mendapat bekal cara menjinakkan api saat terjadi kebakaran.

Penulis: Antoni Ramli | Editor: khamelia
Bangka Pos / Anthoni Ramli
Simulasi sekaligus pembinaan fisik dan mental dan disiplin di lapangan olahraga Lapas kelas IIA Pangkalpinang, Senin (27/9/2021) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pegawai Lembaga Permasyarakatan (Lapas) kelas IIA Pangkalpinang mendapat bekal cara menjinakkan api saat terjadi kebakaran.

Bekal tersebut diberikan pada kegiatan simulasi sekaligus pembinaan fisik dan mental dan disiplin di lapangan olahraga Lapas kelas IIA Pangkalpinang, Senin (27/9/2021)

Kasi Pelatihan dan Sumber Daya Kebakaran Satpol PP dan Damkar Kota Pangkalpinang, Muhammad Zam Zam, beserta jajaran menjadi instruktur pada simulasi tersebut.

Kepala Lapas Kelas IIA Pangkalpinang, Badarudin, menyebut, simulasi sekaligus  pembinaan fisik, mental dan disiplin pegawai tersebut menyusul, adanya arahan Direktur Jenderal (Dirjen) Pemasyarakatan pasca insiden kebakaran di Lapas Tanggerang, beberapa waktu lalu.

Selain itu, sebagai deteksi pengendalian risiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja, sehingga tercipta lingkungan kerja yang aman, kondusif dan efisien.

"Hari ini kami menggandeng pihak  Satpol PP bidang pemadam kabakaran, untuk sharing bagaimana cara menanggulangi atau teknik pencegahan kebakaran," ujar Badarudin yang pada kesempatan itu didampingi Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP), Dody.

Dari simulasi ini Badarudin berharap para pegawai memiliki bekal dalam mengantisipasi kejadian darurat seperti kebakaran.

"Namanya bencana itu kan kita tidak tahu kapan terjadinya, semoga saja tidak terjadi seperti di Lapas Tanggerang, yang tentunya juga  membuat kami prihatin. Jadi sebelum bencana itu terjadi, kita harus melakukan pendeteksian secara dini," harap mantan Kalapas Narkotika Sawahlunto, Sumatera Barat tersebut.

Kasi Pelatihan dan Sumber Daya Kebakaran Satpol PP dan Damkar Kota Pangkalpinang, Muhammad Zam Zam, kerjasama sekaligus  kepercayaan jajaran Lapas Kelas IIA Pangkalpinang, terkait penanggulangan kebakaran.

Sebab, sudah semestinya kata Zam Zam,  para pegawai Lapas sudah menguasai dan memahami cara dasar mengantisipasi kebakaran.

"Mereka harus punya bekal, jadi kalau ada kebakaran, mereka lebih sigap sehingga tak bingung lagi untuk bertindak apa ketika terjadi kebakaran," kata Zam Zam.

Dalam simulasi tersebut kata Zam Zam, petugas diberikan materi soal penggunaan atau Alat Pemadam Api Ringan (Apar) dan simulasi memadamkan api dengan menggunakan karung basah atau sejenisnya.

"Semoga kegiatan pelatihan dan simulasi ini bisa menjadi bekal ilmu tambahan dalam kehidupan sehari-hari, terutama tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran," harapnya.

(Bangkapos.com / Anthoni Ramli)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved