Breaking News:

CPNS Bangka Belitung 2021

Pengumuman CPPPK Ditunda, Dindik Bangka Tengah Optimis Semua Kuota Diisi Pelamar Guru di Daerahnya

Pengumuman hasil seleksi kompetensi tahap 1 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru mengalami penundaan.

Penulis: Sela Agustika | Editor: nurhayati
Ist/Dindik Bateng
Pelaksanaan tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) CPPPK guru di Bangka Tengah 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pengumuman hasil seleksi kompetensi tahap 1 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru mengalami penundaan.

Sebelumnnya diberitahukan hasil seleksi kompetensi PPPK guru ini diumunkan pada Jumat, 24 September 2021.

"Untuk pengumuman PPK guru berdasarkan informasi dari kementerian ini ditunda, seharusnya tanngal 24 kemarin, namun untuk yang masuk kategori jalur afirmasi ini ada penambahan jadi hasil penambahannya belum selesai dirangkap, sehingga kami belum pegang data yang lolos,"jelas  Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Dindik Bangka Tengah, Esdras Silverius kepada Bangkapos.com, Senin (27/9/2021).

Esdras menyebutkan, pada seleksi CPPPK guru tahap satu di Kabupaten Bangka Tengah diikuti sebanyak 366 peserta, dengan total kuota yang ditentukan dari kemendigbud untuk PPPK guru di Bangka Tengah sebanyak 266 orang yang dikhususkan untuk sekolah negeri.

Baca juga: Inilah Daftar Gaji Terbaru PNS Lengkap dengan Gaji Pensiunan Beserta Janda dan Duda PNS

Baca juga: Mulai 1 November, iPhone hingga Samsung Tidak Bisa Lagi Akses WhatsApp, Ini Daftar Lengkapnya

Dia mengatakan, bagi peserta yang tidak lolos seleksi tahap satu bisa melakukan sanggahan ataupun mengikuti seleksi CPPPK tahap dua ataupun tahap tiga.

"Jadi para peserta yang tidak lolos tahap satu ini bisa mengikuti tahap selanjutnya, dimana seleksi ini dilakukan tiga tahap seleksi, untuk tahap satu dan dua ini dikhususkan bagi peserta di daerah kita ( Bangka Tengah- red), sedangkan untuk seleksi tahap tiga ini bisa diikuti peserta secara nasional. Kita optimis dan berharap kuota yang dikasih kementrian ini bisa terisi full oleh guru-guru kita yang ada di wilayah, khususnya yang memang sebelumnya mengajar di sekolah tersebut," jelas Esdras.

"Untuk masa sanggah ini nanti penjadwalannya diatur setelah pengumuman dan bisa dilakukan di website yang PPPK yang memang telah ditentukan oleh kementerian," ungkapnya.

Baca juga: 4 Tanda Nomor WhatsApp Anda Telah Diblokir Seseorang, Begini Cara Melihatnya

Baca juga: JIKA Terima Notifikasi BRI Soal Uang Transferan Rp2,4 Juta, Segera Lakukan Ini!

Menurutnya, rata-rata peserta yang ikut PPPK  di wilayah Bangka Tengah ini merupakan tenaga pengajar honorer, baik yang telah memiliki sertifikat ataupun tidak.

"Jadi yang ikut tes ini rata-rata memang mereka tenaga pengajar yang sudah mengajar di sekolah baik itu yang sudah afa sertifikat ataupun belum, namun untuk usia 35 plus ini memang tidak banyak, tidak sampai 35 persen dari pendaftar, karena rata-rata memang guru di kita (Bangka Tengah-red) sudah terangkat dan untuk yang tidak lolos tahap pertama bisa mengikuti di tahap berikutnya,"  kata Esdras.

Pelaksanaan Seleksi Kemampuan dasar (SKD) CPPPK guru di Bangka Tengah
Pelaksanaan Seleksi Kemampuan dasar (SKD) CPPPK guru di Bangka Tengah (Ist/Dindik Bateng)

Berdasarkan hasik tes yang dilakukan, Esdras mengatakan, rata-rata kendala yang dialami para peserta PPPK guru, yakni tes kompetensi teknis

"Jadi pada selksi PPK ini ada empat tahapan, yakni tes kompetensi teknis, manajerial, sosio kultural dan wawancara. Rata-rata mereka yang tidak lolos ini uji kompetensi teknis, di mana apabila satu tidak sesuai passing grade, maka tidak bisa lolos," ungkap Esdras.

Ia berharap total kuota yang ditentukan oleh pusat untuk PPK guru ini bisa terisi semua sesuai kebutuhan.

"Jadi ada empat kategori yang masuk afirmasi ini mendapatkan nilai tambahan seperti memiliki sertifikat pendidik ada tambahan poin 10 persen, berusia di atas 35 tahun tambahan poin 15 persen, peserta dari penyandang disabilitas 10 persen, dan honorer yang gagal pengangkatan juga tambahan 10 persen. Semoga dengan adanya tambahan nilai bagi peserta kategori afirmasi, kuota PPPK guru di Bangka Tengah bisa diisi langsung oleh guru di masing-maising sekolah yang sudah ada,"  harap Esdras.

(Bangkapos.com/Sela Agustika)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved