Breaking News:

Berita Belitung

Stunting dan ODF Fokus Penilaian Lomba Kampung Sehat 2021

Forum Pelangi Bertuah Sehat (FPBS) Kabupaten Belitung tengah mempersiapkan gelaran lomba kampung sehat 2021. Makanya,

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Pembinaan kelembagaan oleh Forum Pelangi Bertuah Sehat Kabupaten Belitung di Kantor Kecamatan Tanjungpandan, Selasa (28/9/2021). (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari) 

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Forum Pelangi Bertuah Sehat (FPBS) Kabupaten Belitung tengah mempersiapkan gelaran lomba kampung sehat 2021. Makanya, tim FPBS gencar melakukan pembinaan kelembagaan di tingkat kecamatan. Seperti yang dilakukan digelar di Kecamatan Tanjungpandan, Selasa (28/9/2021).

Ketua FPBS Kabupaten Belitung, Ratna Lely Pancawati mengatakan kini pihaknya kembali gencar melaksanakan program, satu di antaranya lomba kampung sehat. Kali ini, kriteria penilaian yang difokuskan yakni stunting dan open defecation free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan.

"Agar nantinya desa yang diikutsertakan sebagai perwakilan kecamatan untuk mengikuti lomba kampung sehat ini bisa fokus mengharap program pencegahan stunting dan ODF," katanya.

"Pada 2019 lalu, fokus kami adalah bank sampah. Sebelumnya Lomba Kampung Sehat ini berturut-turut dimenangkan oleh Desa Air Merbau, Desa Suak Gual, dan Desa Badau," imbuh Ratna.

Menurut dia, program Lomba Kampung Sehat 2021 akan memasuki masa penilaian akhir Oktober. Dilanjutkan dengan pengumuman November mendatang.

Lomba Kampung Sehat ini, lanjut Ratna, juga menjadi cikal bakal Kabupaten Belitung mengikuti lomba kabupaten sehat tingkat nasional. Sehingga pembinaan pun dilakukan ditingkat desa.

Pada 2019 lalu, Kabupaten Belitung meraih penghargaan Swasti Saba Padapa (tingkat pemantapan) . Setelahnya ia menargetkan agar bisa meraih Swasti Saba Wiwerda (tingkat pembinaan). Namun masih terkendala status ODF yang rendah, sehingga pihaknya hadir membantu dinas terkait dalam mensosialisasikan ODF ini.

Sementara itu, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung drg Popy Aprilina mengatakan belum semua desa di Kabupaten Belitung dinyatakan ODF. Namun permasalahan ODF ini tidak semata karena perilaku BAB sembarangan, namun juga karena masalah saluran pembuangan yang belum memenuhi ketentuan. (Bangkapos.com/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved