Breaking News:

Explore Babel Pamerkan Produk Unggulan Bangka Belitung

Di era pandemi Covid-19 juga produk hasil Industri Kecil Menengah (IKM) kian terdampak dan menyebabkan menurunnya permintaan

Editor: nurhayati
Diskominfo Babel
Explore Babel 

 BELITUNG menyebabkan menurunnya permintaan pasar, termasuk produk ramah lingkungan Purun Eco Straw.

Dalam rangkaian kegiatan 'Explore Babel' yang diselenggarakan di Pulau Belitung, produk-produk UMKM mulai dari wastra, makanan, kriya, fesyen, dan industri kreatif lainnya berkesempatan memamerkan kembali produk-produknya sebagai bentuk kesiapan, untuk kembali produktif menghadapi melandainya kasus Covid-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). 

Explore Babel yang terlaksana selama dua hari ini di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang, Sijuk Kabupaten Belitung, Rabu (29/09/2021) didukung penuh oleh Bank Indonesia (BI) Kantor Cabang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam pembukaannya, hadir Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman beserta sang istri, yang juga merupakan Ketua Dekranasda Babel, Melati Erzaldi. 

Purun Eco Straw menjadi solusi mengurangi sampah plastik karena kealamiannya yang berbahan dasar rumput purun membuatnya mudah terurai. IKM ini berkesempatan ikut di dalam bazar, setelah hanya bisa menjual produknya melalui media promosi online, seperti website, media sosial, dan marketing lainnya.

"Kami, tiga UMKM binaan BRI, diundang untuk menjadi peserta Explore Babel ini," ungkap Tati, pemilik IKM Purun Eco Straw.

Diakui Tati, dirinya sangat senang bisa ikut dalam bazar yang dilaksanakan oleh BI Bangka Belitung.

Karena menurutnya, hal ini menjadi kesempatan melangkah perlahan meninggalkan masa pandemi yang menghentikan aktivitas masyarakat, termasuk tutupnya penyedia kuliner sebagai target pasar sedotan berbahan dasar rumput purun. 

Sedotan purun ramah lingkungan yang dihasilkan IKM Tati tidak lepas dari dampak pandemi.

Persentase penurunannya diakuinya, bahkan sampai di bawah 50%. Sehingga, rumah produksi IKM Purun Eco Straw pun tidak perlu memproduksi dengan target tinggi. 

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved