Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Tingkatkan PADes, Wabup Bangka Tengah Minta Kades dan BPD Maksimalkan Potensi Daerah  

Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian mengajak para Kepala Desa dan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng)

Penulis: Sela Agustika | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian (Bangkapos.com/Sela Agustika) 

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Wakil Bupati (Wabup) Bangka Tengah, Herry Erfian mengajak para Kepala Desa dan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) untuk memaksimalkan potensi desa.

Tak hanya itu, khususnya dalam manajemen penyusunan Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintah Desa (LKPPD) ia meminta agar pengelolahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa  (APBDes) dapat dikelolah dengan baik.

"Kita (Pemkab Bateng - red) sangat mengapresiasi kepada semua pihak yang telah terlibat dalam upaya percepatan pembangunan dan penyelarasan penyelenggaraan pemerintahan desa, namun kapasitas perlu ditingkatkan, khususnya terkait manajemen penyusunan LKPPD,  yang mana peran BPD dalam melakukan evaluasi terhadap LKPPD sangatlah penting. Para Kades juga harus bijak dalam mengelola berbagai kegiatan APBDes," ungkap Erfian, Kamis (30/9/2021).

Erfian menyebutkan, APBDes adalah rencana keuangan tahunan Pemerintahan Desa dalam menyelenggarakan urusan kepemerintahan serta memenuhi aspirasi masyarakat desa yang sudah disesuaikan dengan skala prioritas melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa.

Untuk itu kata Erfian, pengelolaan APBDes harus memiliki beberapa prinsip pelaksanaan, diantaranya tertib administrasi, efektif dan efisien, taat azas, taat hukum, lengkap dan sah, dapat dipertanggungjawabkan, bermanfaat, dan terbuka.

"Dlaam pengelolahan APBDes ini, unsur perangkat desa, BPD dan masyarakatnya harus saling bekerjasama dan berkoordinasi dengan tujuan untuk memajukan, serta mensejahterakan masyarakat di desa dapat tercapai,” ujar Erfian.

Guna meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) Erfian mengajak masyarakat desa untuk menggali dan mengembangkan potensi-potensi yang ada.

"Tunjukkan kekompakan, rasa persatuan dalam membangun Desa. Kedepannya kita harap setiap desa dapat memaksimalkan PADes-nya, tidak hanya bergantung pada pendapatan desa yang sekarang bersumber dari APBD maupun APBN, tetapi bisa ditingkatkan lagi dari potensi-potensi yang ada," ujarnya. (Bangkapos.com/Sela Agustika) 

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved