Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Pemkab Bangka Tengah Resmikan Layanan Kesehatan Darurat PSC 119 dan Inovasi LA Siap

Pemkab Bangka Tengah meresmikan layanan Ambulans Public Safety Center (PSC) 119 yang merupakan inovasi layanan cepat tanggap kepada masyarakat.

Penulis: Sela Agustika | Editor: El Tjandring
bangkapos.com/Sela Agustika
Bupati Bangka Tengah saat meresmikan langsung layanan Ambulans Public Safety Center (PSC) 119, di Halaman Dinkes Bangka Tengah, Jumat (1/9/2021). 

BANGKAPOS.COM,BANGKA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah terus meningkatan mutu layanan kesehatan kepada masyarakat di wilayahnya.

Guna mewujudkan pelayanan terbaik kepada masyarakat, Pemkab Bangka Tengah meresmikan layanan Ambulans Public Safety Center (PSC) 119 yang merupakan inovasi layanan cepat tanggap kepada masyarakat.

Bupati Bangka Tengab Algafry Rahman menilai adanya inovasi layanan PSC 119 di Kabupaten Bangka Tengah dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya yang bersifat darurat akan lebih tertangani maksimal sesuai standar yang berlaku.

"PSC 119 ini merupakan bentuk pelayanan kita kepada masyarakat yang sifatnya darurat atau sebagai Pra Hospital. Saya yakin adanya PSC 119 ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama yang bersifat darurat, sehingga pengoperasian pelayanan ini harus kita dukung sepenuhnya," ungkap Algafry usai meresmikan PSC 119 dan kampanye Germas di Halaman Kantor Dinkes Bateng, Jumat (1/10/2021).

Kata Algafry, pihaknya terus mendukung inovasi yang dilakukan pihak terkait, khsusnya dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyatakat.

"Tadi selalin adanya PSC 119 ini, kita juga menghadirkan program LA Siap (Layanan Ambulans Siap Antar Pasien) yang tak lain untuk memudahkan masyarakat Bangka Tengah yang sakit dengan cepat dapat pelayanan hanya dengan menelpon ke 119, maka Tim kesehatan akan segera datang ke rumah warga yang membutuhkan layanan kesehatan gawat darurat," jelas Algafry.

Baca juga: 7 Amalan Penghapus Dosa Zina agar Mendapat Ampunan Allah Ketika Terjerumus Maksiat

Ia berharap dengan penyedian fasilitas dan inovasi yang dilakukan ini bisa lebih memudahkan masyarakat, khususnya dalam pemberian layanan kesehatan yang bersifat darurat.

"Alhamdulilah fasilitas yang ada ini sebagai penunjang pertama kali dalam penyelamatan tingkat awal bagi masyarakat, tentunya dengan inovasi yang ada ini juga didukung dengan penyediaan fasilitasnya yang baik, dimana ada tim dokter, dan perlengkapan peralatan kesehatan juga," ujar Algafry.

Kabid Pelayanan Kesehatan dan Kepala PSC 119, Fera Hasnita mengatakan inovasi yang dilakukam ini bertujuan untuk meningkatkan akses penanganan pasien gawat darurat berupa fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai melalui sistem penanggulangan gawat darurat terpadu yang terintegrasi dan berbasis call center nomor 119.

Baca juga: Ciri-Ciri Nomor KTP Bakal Dapat Uang Rp 1,2 Juta Dari Pemerintah, Ditransfer ke Rekening BRI dan BNI

"PSC 119 memiliki sarana dan prasarana yang memadai, serta didukung tenaga kesehatan yang telah bersertifikat penanganan darurat, dan berjejaring dengan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya, dan siaga selama 24 jam, contohnya jika ada kecelakaaan kita langsung melakukan penanganan di lapangan, kemudian untuk pemeriksaan vital di dalam ambulans, hal ini menjadi penanganan tahap awal," ungkap Fera.

Halaman
12
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved