Breaking News:

Advertorial

Disambut Meriah di Papua, Leher Ganjar Pranowo Dipenuhi Noken Hadiah dari Warga

kehadiran Ganjar di Papua seakan menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat di Bumi Cendrawasih itu

Editor: nurhayati
Istimewa
Ganjar Disambut Meriah Warga Di Papua 

BANGKAPOS.COM -- Ganjar Pranowo melakukan kunjungan ke Provinsi Papua untuk memberikan dukungan kepada atlet Jawa Tengah (Jateng) yang berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua tahun 2021. Selain mendukung para atlet yang bertanding di ajang PON ke-XX, Gubernur Jateng itu juga menghadiri sejumlah acara.

Menariknya, kehadiran Ganjar di Papua seakan menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat di Bumi Cendrawasih itu. Dalam setiap acara yang dihadirinya, Ganjar disambut meriah. \

Bahkan, masyarakat berebut memberikan hadiah sambil minta berfoto dengan Ganjar.

Hadiah paling banyak diberikan warga kepada Ganjar adalah noken. Tas tradisional Papua itu menjadi buah tangan yang paling banyak didapat Ganjar dari masyarakat Papua.

Seperti saat ia mengunjungi pameran anggrek di Pantai Holtekamp di Jayapura, Sabtu (2/10/2021). Saat berkunjung ke stand-stand yang memamerkan anggrek asli Papua, Ganjar disambut antusias dan langsung dikalungi noken.

"Ini hadiah dari kami bapak, semoga berkenan memakai," kata masyarakat sambil mengalungkan noken ke leher Ganjar.

Tak hanya satu orang, banyak masyarakat dari berbagai daerah di Papua yang mengikuti pameran itu juga memberikan noken pada Ganjar.

Alhasil, leher Gubernur Jawa Tengah itu dipenuhi gantungan noken berbagai jenis, mulai ukuran kecil sampai ukuran besar.

Jenis dan warnanya juga berbeda-beda, sesuai khas daerah asal pembuatannya. "Ini saya nggak borong, setiap datang dikasih noken. Setiap ketemu dikasih noken. Ini sampai berat sekali," kata Ganjar sambil tersenyum.

Ganjar Disambut Meriah Warga Di Papua
Ganjar Disambut Meriah Warga Di Papua (Istimewa)

Ganjar mengaku sangat kagum dengan karya masyarakat Papua itu. Dari semua noken yang didapatnya, jenis dan warnanya berbeda-beda.

"Ternyata karya masyarakat ini bagus-bagus, ada ciri beda-beda. Ini yang dari gunung seperti ini, yang dari pantai seperti ini, ada kerang-kerangnya. Bagus, mereka ternyata punya kekhasan masing-masing," kata Ganjar.

Seorang warga Papua menjelaskan kepada Ganjar bahwa noken memang ada banyak jenis dan bentuknya. Semuanya menyesuaikan daerah pembuatan tas tradisional itu.

"Ini dari Nabire pak, yang ini dari Wamena. Ini dari Yahukimo. Memang beda-beda bapak," jelas salah satu warga.

Ganjar pun mengucapkan terimakasih atas pemberian Noken itu. Menurutnya, noken adalah karya yang sangat bagus dan memiliki banyak makna.

"Nokennya bagus-bagus, dan ini adalah khasnya Papua yang bisa diberikan pada pengunjung yang datang," kata Ganjar.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved