Breaking News:

Besok HUT TNI 5 Oktober, Inilah Daftar Alutsista yang Kini Dimiliki TNI AD, AL dan AU

Kekuatan militer Indonesia tahun 2021 menduduki peringkat ke-16 dunia berdasarkan data Global Firepower dengan skor 0.2684 ...

Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Ilustrasi: Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) tengah melakukan Gladi Resik HUT TNI ke 74 di Lapangan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Kamis (3/10/2019). 

BANGKAPOS.COM -- Besok, tepatnya Selasa, 5 Oktober 2021, Tentara Nasional Indonesia (TNI) memperingati ulang tahun ke-76.

Seperti diketahui, TNI dari tahun ke tahun terus melakukan modernisasi alat utama persenjataan atau alutsista untuk pertahanan.

Sekarang banyak alutsista tempur TNI sudah modern dan canggih dan mampu menjaga pertahanan Indonesia.

Di usianya yang tak lagi muda, kancah militer Indonesia di dunia internasional tidak bisa dipandang sebelah mata.

Kekuatan militer Indonesia tahun 2021 menduduki peringkat ke-16 dunia berdasarkan data Global Firepower dengan skor 0.2684 (skor 0.0000 adalah yang tertinggi).

Baca juga: Buruan, Bank BRI Bagi-bagi Pinjaman Rp 50 Juta Tanpa Jaminan, Bebas Biaya Administrasi

Baca juga: Cek NIK Kamu, Bantuan Rp 1 Juta Bisa Masuk ke Nasabah Bank BRI, BNI, BTN, dan Mandiri, Ini Caranya

Baca juga: Kaya Mendadak Uang Koin Kelapa Sawit Dijual Rp 100 Juta, Kolektor Buka Suara

Meski hal ini tidak bisa dijadikan patokan kekuataan sebenarnya, setidaknya bisa menggambarkan adanya peningkatan daya hancur militer Indonesia yang sempat terseok-seok oleh embargo AS pada awal era reformasi,

Ilustrasi: Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) tengah melakukan Gladi Resik HUT TNI ke 74 di Lapangan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Kamis (3/10/2019).
Ilustrasi: Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) tengah melakukan Gladi Resik HUT TNI ke 74 di Lapangan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Kamis (3/10/2019). (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha)

Apa saja alutsista canggih yang kini berada di gudang-gudang senjata TNI? Berikut Tribunnews.com coba merangkumnya:

1. TNI AD

- MLRS Astros II MK 6 AV-LMU

TNI AD memiliki sebuah senjata peluncur roket dengan nama Multiple Louncher Rocket System atau MLRS yang diproduksi oleh Brazil. Dilansir dari laman resmi Dinas Kelaikan Angkatan Darat, alat ini mempunyai kemampuan meluncurkan roket hingga 32 buah, hanya dalam waktu 6 detik.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved