Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Tunjang Keberhasilan UMKM, Pemkab Bangka Tengah Serahkan Bantuan Peralatan Usaha

Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah terus berupaya mendukung pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayahnya

Penulis: Sela Agustika | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Sela Agustika
Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman saat menyerahkan simbolis bantuan peralatan usha kepada sentra IKM di Desa Kurau, Senin (4/10/2021) 

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah terus berupaya mendukung pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayahnya dengan memberikan bantuan peralatan usaha.

Hal ini juga menjadi komitmen pihaknya untuk membantu pelaku usaha rumah tangga diwilayahnya, khususnya di tengah pandemi Covid-19.

Sebanyak sembilan jenis peralatan usaha yang terdiri dari Mesin genset, freezer, kontinyu seller, etalase produk, mesin koding, pemotong kemplang, open pengering, pengiling ikan, dan pengadon diserahkan langsung oleh Bupati Bangka Tengah kepada dua sentra industri kecil menengah (IKM) Desa Kurau, Senin (4/10/2021).

"Kami lihat warga Desa Kurau ini kemauannya sangat luar biasa mengembangkan produk rumah tanggah ini, di mana melalui Disperindagkop ini kita terus berupaya mendukung UMKM kita, khususnya di tengah pandemi ini untuk terus memotivasi mereka kembali bangkit," ungkap Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman usai menyerahkan simbolis bantuan kepada sentra IKM di Desa Kurau.

Baca juga: Buruan, Bank BRI Bagi-bagi Pinjaman Rp 50 Juta Tanpa Jaminan, Bebas Biaya Administrasi

Baca juga: Cek NIK Kamu, Bantuan Rp 1 Juta Bisa Masuk ke Nasabah Bank BRI, BNI, BTN, dan Mandiri, Ini Caranya

Menurut Algafry, sebelum dilakukan penyerahan alat bantuan usaha, para pelaku UMKM ini sudah dilakukan survei terlebih dahulu agar sesuai dan tepat sasaran.

"Jadi peralatan yang dikasih inu memang sesuai Kebutuhan mereka (IKM) berdasarkan survei yang dilakukan, dan tentunya ini menjadi langkah kita untuk memudahkan mereka, dimana dulunya harus menggunakan adonan tangan sekarang bisa langsung menggunakan mesin dan steril," kata Algafry.

Ia berharap melalui bantuan peralatan usaha ini bisa meningkatkan kualitas produk UMKM sehingga dapat dipasarkan di gerai-gerai yang ada diwilayahnya, bahkan ke luar daerah.

"Mereka yang mendapat bantuan ini sudah dilihat keseriusannya, kita ingin alat ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mengembangkan produk usaha, sehingga bisa dibantu pemasarannya di gerai-gerai yang ada, atau bisa tembus ke luar daerah dan tentunya bukan di desa Kurau ini, tetapi kita juga akan bantu di daerah lainnya yang benar-benar ingin mengembangkan usahanya," ungkap Algafry

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disperindagkop Bangka Tengah Elly Irsyah mengatakan, bantuan yang diserahkan ini merukan bantuan yang didukung melalui dana Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Perindustrian dengan total 2, 850 miliar yang turut disalurkan kepada UMKM yang telah bergerak.

"Jadi untuk yang dapat bantuan ini pada dasarnya mereka sudah bergerak tetapi meteka membutuhlan alat untuk mempercepat proses produksi, dimana total yang diberikan ada 2 sentra Getas Kawan Hekuleh ada 36 anggota IKM da. Sentra Kemplang Besampan 15 anggota IKM," kata Elly.

Baca juga: Penambang Timah di Bangka Belitung Meninggal Disambar Petir, Begini Kronologisnya

Baca juga: Kaya Mendadak Uang Koin Kelapa Sawit Dijual Rp 100 Juta, Kolektor Buka Suara

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved