Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Kepatuhan Pakai Masker di Bangka Belitung Meningkat, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan Menurun

Tingkat kepatuhan masyarakat Bangka Belitung memakai masker saat ini meningkat dibanding sebelumnya.

Penulis: fitriadi | Editor: fitriadi
bangkapos.com/Cepi Marlianto
Karyawan Bank Mandiri saat membagikan masker kepada masyarakat di Alun alun Taman Merdeka (ATM), Pangkalpinang, Bangka Belitung, Senin (4/10/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Tingkat kepatuhan masyarakat Bangka Belitung memakai masker saat ini meningkat dibanding periode sebelumnya.

Berdasarkan monitoring kepatuhan dalam menerapkan Protokol Kesehatan yang dilakukan di 34 provinsi di Indonesia selama 1 pekan sejak 27 September - 03 Oktober 2021, angka kepatuhan memakai masker meningkat dibanding pekan sebelumnya, yakni 93,46% dari 93,36% rerata nasional.

Monitoring di Bangka Belitung ini dilakukan di 417 titik pemantauan.

Sementara angka kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan menurun dibanding pekan sebelumnya, yakni 86,69% dari 91,73% rerata nasional.

"Data di atas menjelaskan bahwa tingkat kepatuhan dan kesadaran dalam menerapkan Protokol Kesehatan 6M khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 1 pekan terakhir ini mengalami peningkatan," kata Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Bangka Belitung, Andi Budi Prayitno kepada Bangkapos.com, Senin (4/10/2021).

Baca juga: ATURAN Terbaru Perjalanan Naik Pesawat di Masa PPKM Hingga 18 Oktober Semua Maskapai

Baca juga: Kasus Covid-19 Bangka Tengah Melandai, Bangka Selatan Berharap Turun Level PPKM

Andi Budi menjelaskan peningkatan kepatuhan terhadap prokes pada penggunaan masker, namun turun dalam perilaku menjaga jarak, setelah dalam 1 bulan sebelumnya tingkat kepatuhan mengalami penurunan. 

"Tentu saja hal ini menggembirakan di satu sisi, tapi memprihatinkan di sisi lain, apalagi di tengah ikhtiar kita bersama dalam menghadapi gelombang ke-II pandemi Covid-19 dengan pelbagai variannya, serta mengantisipasi dan mempersiapkan diri terhadap ancaman gelombang ke-III," kata Andi Budi.

Satgas kembali mengingatkan dan mengajak masyarakat Bangka Belitung untuk membiasakan protokol kesehatan 6M dalam kehidupan kita sehari-hari.

Prokes 6 M tersebut mencakup: Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir/hand sanitizer, Mengurangi mobilitas, Menghindari kerumunan, dan Menghindari makan bersama.

"Ini sebagai bagian dari tanggung jawab dan kesadaran kolektif agar pandemi Covid-19 ini bisa terkendali dan segera berakhir. Jangan abai apalagi menyepelekan Covid-19 karena sudah banyak korban terpapar, yang sembuh dan kembali sehat pun juga banyak, namun tidak sedikit yang kemudian tak tertolong dan berujung kepada kematian/meninggal dunia," kata Andi Budi.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved