Breaking News:

Berita Bangka Selatan

Status PPKM Naik ke Level 3 Bikin Satgas Covid-19 Basel Bingung, Padahal Semua Indikator Turun

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Bangka Selatan mengalami kenaikan dari level 2 menjadi level 3.

Penulis: Yuranda | Editor: El Tjandring
(Ist/Polres Bangka Selatan)
Pemberian dosis vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat di SPBU Asan di Kecamatan Toboali. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM) di Kabupaten Bangka Selatan mengalami kenaikan dari level 2 menjadi level 3.

Hal tersebut diketahui berdasarkan surat Instruksi Menteri Dalam Negeri (inmendagri) Nomor 48 Tahun 2021, Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM) yang menyatakan Bangka Selatan naik level 3.

Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19, sekaligus Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Bangka Selatan Supriyadi mengatakan, dirinya tidak mengetahui pasti apa penyebab kenaikan level 3 PPKM di Basel.

"Kami masih bingung kenapa bisa naik level 3, karena pasien terkonfirmasi positif sudah turun drastis juga. Sedangkan di Inmendagri tidak ada dijelaskan penyebabnya," kata Supriyadi, saat dikonfirmasi Bangkapos.com, Selasa (5/10/2021).

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 juga mengatakan, beberapa pekan sebelumnya, status PPKM di Bangka Selatan turun ke Level 2 lantaran terdapat penurunan kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

"Sesuai Inmendagri No 48 Tahun 2021, PPKM di Bangka Selatan kembali naik ke Level 3. Aturan ini berlaku dari hari ini 5 Oktober 2021 sampai dengan 18 Oktober 2021," kata Jubir.

Meski kasus terkonfirmasi Positif Covid-19, menurun di wilayah Basel, Ia menduga kenaikan level ini dikarenakan ada beberapa faktor lain, di antaranya pencapaian vaksinasi' title=' vaksinasi'> vaksinasi masih dikatakan minim.

"Untuk kasus positif kita minim pada beberapa pekan sebelumnya. Namun pencapaian vaksinasi kita di masyarakat mungkin masih jadi indikator dari pihak Kementerian Kesehatan, makanya naik level 3," ujarnya.

Baca juga: Video Gisel Enjoy Goyang Bareng 2 Pria Ditonton 4,3 Juta Kali, Goyangan Wijin Disorot

Baca juga: Buruan, Bank BRI Bagi-bagi Pinjaman Rp 50 Juta Tanpa Jaminan, Bebas Biaya Administrasi

Baca juga: Inilah Momen Maria Vania Disentuh Tukul Arwana, Ekspresinya Bikin Gagal Fokus

Selain itu, kata Supriyadi, indikator lain yang menjadi pertimbangan sehingga PPKM level tiga, lantaran kesiapan fasilitas kesehatan dan menjadi penilaian dari pusat.

"Pasti ada indikator demikian. Masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan, memakai masker, jaga jarak dan hindari kerumunan. Untuk yang belum vaksin segera mendaftarkan diri untuk di vaksin," ujarnya.

Bangkapos.com/Yuranda

Sumber: bangkapos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved