Breaking News:

Bangka Pos Hari Ini

BNNK Tes Bakal Calon Kades di Bangka Selatan, Pemkab Siapkan Rp1,5 Miliar Untuk Pilkades Serentak

Sebanyak 24 surat keterangan bebas Narkoba ini tercatat dikeluarkan sejak satu bulan terakhir.

Penulis: Ajie Gusti Prabowo (CC) | Editor: fitriadi
Bangkapos.com/Yuranda
Kepala BNNK Bangka Selatan Evon Meternik, memantau pengambilan sampel urine terhadap bakal calon kepala desa, di Klinik BNNK Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (5/10/2021). 

TOBOALI, BANGKA POS - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bangka Selatan sudah menerbitkan sebanyak 24 surat keterangan bebas Narkoba kepada bakal calon kepala desa di wilayahnya hingga Selasa (5/10/2021).

Pembuatan surat keterangan bebas Narkoba ini dilaksanakan karena ada 30 desa di delapan kecamatan di Basel, yang akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada Rabu (8/12).

Kepala BNNK Basel, Evon Meternik mengatakan sebanyak 24 surat keterangan bebas Narkoba ini tercatat dikeluarkan sejak satu bulan terakhir.

"Informasinya ada 30 desa yang akan menggelar Pilkades serentak di Basel. Jadi 24 orang ini masih di awal, rata-rata 24 orang ini calon incumbent, yang sudah membuat keterangan bebas Narkoba," ucap Evon.

Baca juga: Inovasi Dosen Universitas Brawijaya, Daun Pelawan di Bangka Jadi Teh Celup

Pihaknya juga memastikan dalam pemeriksaan 24 orang ini, tidak ada yang terindikasi penyalahgunaan narkotika.

"Kemungkinan ke depannya bakal ada lagi yang akan membuat keterangan bebas Narkoba juga. Untuk tarifnya Rp290 ribu per orang, dananya masuk ke penerimaan negara bukan pajak (PNBP)," jelasnya.

Rp1,5 miliar

Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Basel juga akan mempercepat proses pencairan anggaran pelaksanaan Pilkades serentak di wilayahnya.

Saat ini pihaknya sedang memproses segala keperluan administrasi untuk membentuk Perda APBD perubahan dan apabila sudah disahkan baru anggaran itu disalurkan.

"Anggarannya ada sekitar Rp1,5 miliar, dan sudah diajukan di APBD perubahan 2021, itu akan dicairkan setelah APBD perubahan disahkan," kata Plt Kepala Bakeuda Basel, Agus Pratomo.

Halaman
123
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved