Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Cegah Penyakit Maag, dr Nadya Sarankan Makan Teratur dan Hindari Makanan Berlemak, Pedas dan Asam

Pengidap penyakit maag umum terjadi pada seseorang. Khususnya masyarakat Bangka Belitung banyak mengalami sakit maag. 

Penulis: Widodo | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Widodo
Suasana bincang bersama dr Nadya Akbarina selaku dokter umum Rumah Dakit Kalbu Intan Medika dalam acara Fit Talk yang dipandu oleh Andini Dwi Hasanah, Rabu (6/10/2021) sore. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pengidap penyakit maag umum terjadi pada seseorang. Khususnya masyarakat Bangka Belitung banyak mengalami sakit maag. 

dr Nadya Akbarina selaku Dokter Umum Rumah Sakit Kalbu Intan Medika menyebutkan warga Pangkalpinang banyak datang ke rumah sakit ketika sudah mengalami perih di perutnya. 

Menurutnya, gejala maag mulai dari penuh dan kembung dan sering sendawa sudah merupakan tanda-tanda dari peningkatan adam lambung. 

Penyebab utama penyakit maag karena pola makan yang tidak teratur. Kendati demikian menurutnya banyak makanan yang memicu asam lambung. 

"Ada beberapa makanan yang memicu asam lambung, tetapi yang paling utama penyebabnya karena pola makannya yang tidak teratur," kata dr Nadya Akbarina dalam acara Fit Talk yang dipandu oleh Andini Dwi Hasanah, Rabu (6/10/2021). 

Baca juga: Tak Perlu Lagi PCR, Syarat Naik Pesawat Cukup Antigen dan Sudah Vaksin Kedua Sesuai Inmendagri

Baca juga: Terbaru! Tak Perlu Bayar Denda, Mulai Oktober Hingga Akhir Tahun Ada Pemutihan Pajak Kendaraan

dr Nadya menganjurkan pagi, siang dan malam harus makan. Paling tidak makan 3 kali dalam sehari. Itupun harus teratur sesuai jam-jam di hari sebelumnya. 

Kebanyakan masyarakat makan ketika kondisi perut sudah terlalu lapar dan perih baru makan yang berat sehingga memicu naiknya asam lambung. 

Padahal jika belum sempat makan nasi walaupun sudah lapar ngemil dulu tidak apa-apa, asalkan tapi jangan lupa makan nasi 

"Kondisi asam lambung sudah meningkat ketika kita isi makanan ujung-ujungnya mual dan bisa menyebabkan muntah," jelas dr Nadya.

Baca juga: Bantuan Rp 1 Juta Bisa Masuk ke Nasabah Bank BRI, BNI, BTN, dan Mandiri, Ini Caranya

Baca juga: Alhamduilillah, Bangka Belitung Akhirnya Berhasil Raih Emas di PON XX Papua Lewat Cabor Menembak

Selain itu, makan porsinya yang banyak tapi tidak teratur hanya makan dua kali sehari karena banyak orang yang jarang sarapan itu juga tidak dianjurkan. 

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved