Breaking News:

Berita Sungailiat

Jaga Kelestarian Adat dan Budaya, Bupati Bangka Hadiri Doa Bersama Adat Rebo Kasan  

Bupati Bangka, Mulkan menghadiri doa bersama Adat Rebo Kasan dalam rangka menjaga kelestarian adat dan budaya di balai adat Airanyir, Merawang, Bangka

Penulis: Arya Bima Mahendra | Editor: Fery Laskari
istimewa
Bupati Bangka Mulkan dan rombongan saat menghadiri acara doa bersama adat Rebo Kasan, di balai adat Air Anyir, Merawang, Bangka, Selasa (6/10/2021) malam. (Ist/Diskominfotik) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bupati Bangka, Mulkan menghadiri doa bersama Adat Rebo Kasan dalam rangka menjaga kelestarian adat dan budaya di balai adat Airanyir, Merawang, Bangka, Selasa (6/10/2021) malam.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua NU Provinsi Bangka Belitung KH A Ja'far Shidiq., Ketua DPRD Kabupaten Bangka Iskandar Sidi beserta rombongan lainnya.

Dimulai setelah Shalat Isya tepatnya pukul 19.30 WIB, kegiatan tersebut terdiri dari serangkaian acara adat.

Diketahui bahwa Rebo Kasan adalah upacara tradisional yang diadakan sebagai ritual tolak bala yang dilaksanakan setiap bulan Syafar berdasarkan penanggalan Hijriah di setiap hari Rabu terakhir.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bangka Mulkan menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bentuk tali silahturahmi antar sesama umat.

Menurutnya kegiatan adat istiadat seperti ini harus tetap dijaga dan dilestarikan agar tidak hilang dan lenyap ditelan jaman.

"Kegiatan yang mengandung unsur kebudayaan, adat istiadat seperti harus tetap dilaksanakan dan lestarikan," ucap Mulkan.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan wadah berkumpul dan saling bertukar pikiran serta pendapat akan sesuatu masalah.

"Oleh karena itu, kita harus menciptakan regenarasi yang akan terus menjaga budaya ini kedepannya," terangnya.

Meski demikian, Mulkan meminta pelaksanaan kegiatan kebudayaan dan adat istiadat harus tetap dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

Setelah membaca doa bersama adat Rebo Kasan, selanjutnya acara dilanjutkan dengan tausiyah dan pembacaan tolak bala serta ritual rebo Kasan yang dimulai dengan lantunan adzan dan serangkaian doa.(Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved