Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Harga Timah Kian 'Seksi', Dandim 0413/Bangka Tegaskan Tak Ada Anggota TNI Main Tambang

Komandan Kodim 0413/Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Kolonel Inf Pujud Sudarmanto menegaskan, tak ada anggota TNI main tambang.

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Dandim 0413/Bangka, Kolenel Inf Pujud Sudarmanto melepas 69 Tamtama Remaja (Taja) Kodim 0413/Bangka yang akan melaksanakan pindah tugas ke kesatuan baru di Komando Daerah Militer (Kodam) II Sriwijaya, Kamis (20/5/2021) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Komandan Kodim 0413/Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Kolonel Inf Pujud Sudarmanto menegaskan, tidak ada anggota Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) khususnya dari Kodim 0413/Bangka yang ‘bermain’ tambang timah inkonvensional (TI) ilegal di Pulau Bangka.

Seperti yang diketahui saat ini harga timah di pasaran terus menguat, bahkan digadang-gadang mendekati harga tertinggi sepanjang masa. Hal tersebut tak ayal kian membuat penambang timah ilegal terus bermunculan.

“Anggota TNI AD tidak ada yang membackup aktivitas tambang timah inkonvesional ilegal,” tegas Pujud kepada Bangkapos.com, Kamis (7/10/2021).

Pujud mengatakan, pada dasarnya TNI-Polri hanya melakukan pengamanan terhadap aktivitas tambang yang sudah memiliki izin, bukan malah ikut-ikutan mendukung operasional tambang timah ilegal yang tentunya dapat membuat rusak lingkungan.

Selain itu, lanjut dia, untuk kawasan izin usaha pertambangan (IUP) juga sudah diatur oleh PT Timah. 

Untuk itu anggota TNI tidak boleh mem-backup tambang timah ilegal.

“TNI-Polri hanya membantu pengamanan agar pelaksanaan penambangan timah dapat berjalan lancar, jadi tidak ada kita membackup TI ilegal. Penambangan timah sudah ada yang mengatur, seperti PT Timah untuk pertambangan dan beberapa smelter. Mereka lah yang mengatur semuanya,” jelas Pujud.

Baca juga: Gunakan untuk Keperluan Pribadi, Eks Kaur Keuangan Akui Sunat ADD Air Saga Belitung Rp892 juta

Baca juga: Kasus Kematian Covid-19 di Pangkalpinang Menurun, Petugas Pemakaman Tetap Disiagakan 30 Orang

Baca juga: Koramil 413-06, PT Timah dan HNSI Tanam 5.000 Bibit Mangrove di Pesisir Kampung Nelayan 2

Meskipun begitu, dia tidak menampik bahwa saat ini dengan harga timah yang kian membaik banyak sekali aktivitas penambangan TI ilegal di Pulau Bangka.

Oleh karenanya pihaknya akan terus berusaha menekan dampak buruk dari aktivitas tambang timah ilegal.

“Saya tahu banyak terjadi penambangan di wilayah Pulau Bangka (sejak harga timah naik),” bebernya.

Tidak sampai disitu, Pujud bahkan meminta masyarakat untuk segera melaporkan kepada dirinya jika mengetahui ada oknum anggota TNI yang ‘bermain’ tambang TI ilegal.

Hal itu dia lakukan agar pihaknya dapat menindak tegas oknum TNI yang membekingi tambang timah ilegal sesuai hukum yang berlaku.

“Jadi kalau masyarakat ada yang mendapatkan informasi ada anggota Kodim 0413/Bangka bermain timah segera laporkan kepada saya,” tegas Pujud.

(Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved